Pengaruh kemampuan (kompetensi) guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Turen / Nasrullah Helmy Dwi Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemampuan (kompetensi) guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Turen / Nasrullah Helmy Dwi Putra

Putra, Nasrullah Helmy Dwi (2010) Pengaruh kemampuan (kompetensi) guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Turen / Nasrullah Helmy Dwi Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Helmy Nasrullah D. P. 2009. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kemampuan (Kompetensi) Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Turen. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Prodi S1 Pendidikan Akuntansi. Pembimbing (I) Dr. H. Tuhardjo S.E. M.Si.Ak. (II) Sriyani Mentari S.Pd M.M. Kata Kunci Persepsi Siswa tentang Kemampuan (Kompetensi) Guru Motivasi Belajar Prestasi Belajar. Masalah pendidikan seringkali dikaitkan dengan kemampuan guru sebagai ujung tombak dunia pendidikan yang secara langsung berinteraksi dalam mengajar mendidik dan membimbing siswa di sekolah. Ada faktor lain yang harus diperhatikan selain kompetensi guru yaitu motivasi belajar siswa. Kedua hal ini harus berjalan seimbang agar prestasi belajar siswa dapat dicapai secara optimal. Tujuan penelitian (1) untuk mengetahui kemampuan (kompetensi) guru dalam mengajar (2) untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas XI jurusan akuntansi (3) untuk mengetahui pengaruh secara parsial kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi siswa kelas XI Jurusan Akuntansi (4) untuk mengetahui pengaruh secara simultan kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Jurusan Akuntansi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Akuntasi SMK Negeri 1 Turen tahun ajaran 2009/2010 yaitu sebanyak 78 siswa. Teknik sampling adalah teknik acak sederhana (simple random) sehinga sample berjumlah 39 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kompetensi guru (X1) motivasi belajar (X2) dan variabel terikatnya prestasi belajar siswa (Y). Analisis data dengan regresi linear berganda dilakukan dengan menggunakan SPSS for Windows Releasa 16 0 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil yang diperoleh variabel kompetensi guru (X1) berpengaruh positif signifikan dengan nilai B 0 402 thitung 4 278 dengan Sig t 0 000. Variabel motivasi belajar (X2) berpengaruh positif signifikan dengan nilai B 0 524 thitung 5 418 dengan Sig t 0 000. selain itu didapat juga nilai Fhitung sebesar 21 924 dengan Sig t 0 000 serta nilai koefisien determinan (Adjuster R2) sebesar 0 524 yang berarti bahwa variabel kompetensi guru dan motivasi belajar mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Turen sebesar 52 4% sedangkan sisanya sebesar sisanya 47 6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Disarankan bagi pihak sekolah terutama guru untuk terus mempertahankan profesionalitasnya sebagai guru agar persepsi siswa tetang kompetensinya dalam mengajar baik kompetensi pedagogik kompetensi profesional kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Pihak sekolah khususnya para guru harus mampu mencari solusi agar siswa lebih termotivasi dalam belajar. Baik dengan melakukan model pembelajaran yang inovatif maupun dengan memberikan stimulus berupa penghargaan kepada siswa yang berprestasi di kelas dan memberi hukuman kepada siswa yang berperilaku kurang baik. Pihak sekolah tidak boleh hanya memperhatikan dari satu sisi baik kompetensi guru maupun motivasi belajar siswa. Maka dari itu perlu dipertimbangkan keselarasan antara kemampuan (kompetensi) guru dalam mengajar dan motivasi belajar siswa agar pembelajaran dapat terlaksana secara optimal. Saran untuk penelitian selanjutnya yang sejenis hendaknya peneliti menambah bahasan mengenai kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional. Sehingga dari penelitian tersebut dapat dilihat seberapa besar kontribusi tingkat kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional dalam hubungannya dalam pencapaian prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34316

Actions (login required)

View Item View Item