Pengaruh cara menggunakan modul dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa akuntansi kelas XI di SMK NEGERI 1 TUREN./Silvi Nofrianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh cara menggunakan modul dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa akuntansi kelas XI di SMK NEGERI 1 TUREN./Silvi Nofrianti

Nofrianti, Silvi (2010) Pengaruh cara menggunakan modul dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa akuntansi kelas XI di SMK NEGERI 1 TUREN./Silvi Nofrianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nofrianti Silvi. 2009. Pengaruh Cara Siswa Menggunakan Modul dan Cara Belajar Siswa terhadap Prestasi Siswa Akuntansi Kelas XI di SMK Negeri 1 Turen . Skripsi program studi pendidikan akuntansi jurusan akuntansi fakultas ekonomi universitas negeri malang. Pembimbing (1) Drs. H. Sumadi SE. M.M. (II) Ika Putri Larasati SE. M.com. Kata kunci Cara Siswa Menggunakan Modul Cara Belajar dan Prestasi Siswa. Cara siswa menggunakan modul adalah cara siswa mempelajari modul yang disesuaikan dengan petunjuk penggunaan modul yang di dalamnya dicantumkan bagaimana cara mempelajari materi bagaimana cara mengerjakan soal cara mendiskusikan permasalahan dengan teman atau fasilitator (guru) serta bagaimana melakukan evaluasi melalui pembahasan soal-soal yang dikerjakan. Cara belajar adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh siswa pada suatu situasi sebagai bentuk usaha belajar yang dilakukan. Cara belajar siswa meliputi persiapan belajar cara mengiluti pelajaran dan cara mengikuti ujian. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) cara siswa menggunakan modul cara belajar siswa dan prestasi belajar siswa akuntansi di SMK Negeri 1 Turen (2) menganalisis pengaruh positif yang signifikan dari variabel X1 terhadap Y (3) menganalisis pengaruh positif yang signifikan dari variabel X2 terhadap Y (4) menganalisis pengaruh positif yang signifikan dari variabel X1 dan X2 terhadap Y. Jenis penelitian ini merupakan penelitian asosiatif atau hubungan dengan rancangan ex post facto yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Variabel dalam penelitian ini meliputi dua variabel bebas yaitu cara siswa menggunakan modul modul (X1) dan cara belajar siswa (X2) dan satu variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa(Y). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Turen dengan populasi seluruh siswa kelas XI Jurusan Akuntansi tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah 78 siswa. Pengambilan sampil menggunakan teknik propotional random sampling yaitu 50% dari jumlah populasi.. Analisis yang digunakan untuk mengolah data adalah analisis regresi ganda dengan syarat terpenuhinya uji asumsi klasik. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel (X1) terbukti mempengaruhi variabel (Y) secara positif signifikan (menolak Ho menerima Ha) dan variabel (X2) terbukti mempengaruhi variabel (Y) secara positif signifikan (menolak Ho menerima Ha). Sehingga variabel (X1) dan variabel (X2) terbukti mempengaruhi secara simultan terhadap variabel (Y). Saran peneliti ini adalah (1) Untuk sekolah yang menerapkan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar modul sebaiknya menetapkan standar pembuatan modul untuk setiap mata pelajaran (2) Untuk peneliti selanjutnya hendaknya mengamati secara langsung proses pembelajaran dengan modul di dalam kelas. Dengan cara tersebut peneliti dapat mengetahui bagaimana guru menerapkan pembelajaran modul bagaimana siswa menggunakan modul dan bagaimana cara belajar siswa di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34315

Actions (login required)

View Item View Item