Perbedaan minat, motivasi dan perstasi belajar antara siswa jurusan IPA dan jurusan IPS di kelas XII SMA negeri 3 Lumajang / Yusufi Indra Hermawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan minat, motivasi dan perstasi belajar antara siswa jurusan IPA dan jurusan IPS di kelas XII SMA negeri 3 Lumajang / Yusufi Indra Hermawan

Indra, Yusufi Hermawan (2010) Perbedaan minat, motivasi dan perstasi belajar antara siswa jurusan IPA dan jurusan IPS di kelas XII SMA negeri 3 Lumajang / Yusufi Indra Hermawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hermawan Yusufi Indra. 2009. Perbedaan Minat Motivasi dan Prestasi Belajar antara Siswa Jurusan IPA dan Jurusan IPS di Kelas XII SMA Negeri 3 Lumajang. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Eka Ananta Sidharta S.E. M.M Ak. (II) Dr. Nurika Restuningdiah S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Minat Belajar Motivasi Belajar Prestasi Belajar Penjurusan merupakan hal yang mendasar untuk membentuk suatu karakter tersendiri terhadap siswa-siswi agar ke depannya menjadi terfokus atau terspesialisasi pada suatu bidang yang ingin digeluti atau yang dikuasai oleh siswa. Sebagian besar siswa SMA memiliki kecenderungan lebih tertarik terhadap jurusan IPA daripada jurusan IPS. Siswa yang masuk jurusan IPA adalah siswa memiliki nilai ketuntasan belajar yang baik sedangkan siswa yang memiliki nilai yang tidak layak akan masuk jurusan IPS. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa jurusan IPA merupakan siswa yang tergolong lebih pandai atau memiliki kemampuan akademik yang lebih baik daripada siswa jurusan IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) Minat belajar siswa jurusan IPA dan jurusan IPS di kelas XII SMA Negeri 3 Lumajang (2) Motivasi belajar siswa jurusan IPA dan jurusan IPS di kelas XII SMA Negeri 3 Lumajang (3)Prestasi belajar siswa jurusan IPA dan jurusan IPS di kelas XII SMA Negeri 3 Lumajang (4) Perbedaan minat belajar antara siswa jurusan IPA dan jurusan IPS di kelas XII SMA Negeri 3 Lumajang.(5)Perbedaan motivasi belajar antara siswa jurusan IPA dan jurusan IPS di kelas XII SMA Negeri 3 Lumajang (6)Perbedaan prestasi belajar antara siswa jurusan IPA dan jurusan IPS di kelas XII SMA Negeri 3 Lumajang. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner untuk data minat dan motivasi belajar sedangkan untuk data prestasi menggunakan teknik dokumentasi. Data-data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan uji T. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII jurusan IPA dan IPS di SMA Negeri 3 Lumajang pada tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 233 siswa. Untuk pengambilan sampel menggunakan teknik proprorsional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas XII jurusan IPA dan jurusan IPS di SMA Negeri 3 Lumajang tahun ajaran 2009/2010 memiliki minat dan motivasi belajar yang baik sedangkan prestasi belajar menunjukkan siswa jurusan IPA memiliki prestasi belajar yang cukup baik dan siswa jurusan IPS memiliki prestasi belajar yang kurang baik. Berdasarkan hasil analisis uji T disimpulkan bahwa terdapat perbedaan minat motivasi dan prestasi belajar yang signifikan antara siswa jurusan IPA dan Jurusan IPS di kelas XII SMA Negeri 3 Lumajang. Dari penelitian ini diharapkan kepada orang tua guru dan pihak konselor untuk lebih membimbing dan mengarahkan siswa dalam menentukan penjurusan dan masa depan sesuai dengan tingkat kemampuan dan minat siswa. Serta diharapkan mampu menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa karena pentingnya kedua faktor tersebut dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34314

Actions (login required)

View Item View Item