Pengaruh persepsi siswa tentang keberadaan guru PPL terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas XII IPS pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 6 Malang / Hangga Yudha Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang keberadaan guru PPL terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas XII IPS pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 6 Malang / Hangga Yudha Wijaya

Wijaya, Hangga Yudha (2010) Pengaruh persepsi siswa tentang keberadaan guru PPL terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas XII IPS pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 6 Malang / Hangga Yudha Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yudha Wijaya Hangga. 2009. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Keberadaan Guru PPL terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Suparti M.P. (2) Ika Putri Larasati SE. M.Com Kata Kunci Persepsi PPL Motivasi Belajar Prestasi Belajar. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dalam prajabatan guru dirancang untuk melatih para calon guru mengusai kemampuan keguruan yang utuh dan terintegrasi sehingga setelah menyelesaikan pendidikannya mereka siap untuk secara mandiri mengemban tugas sebagai guru. Keberadaan guru PPL di sekolah praktik akan menimbulkan persepsi siswa untuk lebih termotivasi dalam mengikuti pelajaran di sekolah. Dengan meningkatnya motivasi belajar siswa akan berpengaruh terhadap hasil belajar atau prestasi belajar siswa secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi siswa tentang keberadaan guru PPL terhadap motivasi belajar siswa (2) pengaruh persepsi siswa tentang keberadaan guru PPL terhadap prestasi belajar siswa (3) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa (4) pengaruh tidak langsung persepsi siswa tentang keberadaan guru PPL terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian sampel yang dilakukan pada 30 siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 6 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Eksplanasi Asosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa tentang keberadaan guru PPL dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa dengan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 505 (2) persepsi siswa tentang keberadaan guru PPL berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai koefisen beta terstandarisasi sebesar 0 569 (3) motifasi belajar siswa dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa dengan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 449 (4) persepsi siswa tentang keberadaan guru PPL berpengaruh pada prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar siswa sebesar 0 251. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang dapat diberikan adalah (1) Siswa hendaknya memiliki persepsi yang positif sehingga dapat lebih termotivasi untuk belajar dan diharapkan dapat memperhatikan faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar sehingga prestasi belajar dapat tercapai secara optimal (2) bagi peneliti lain yang akan mengadakan penelitian sejenis disarankan variabel yang ingin diteliti lebih diperluas sehingga dapat mengungkapkan lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil penelitian yang lebih berarti dan bermanfaat bagi banyak pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34311

Actions (login required)

View Item View Item