Pengaruh tingkat pendidikan, pelatihan, dan pengalaman mengajar terhadap kinerja guru bidang studi akuntansi di SMA negeri se-kota Kediri / Yulidhul Fitriya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tingkat pendidikan, pelatihan, dan pengalaman mengajar terhadap kinerja guru bidang studi akuntansi di SMA negeri se-kota Kediri / Yulidhul Fitriya

Fitriya, Yulidhul (2010) Pengaruh tingkat pendidikan, pelatihan, dan pengalaman mengajar terhadap kinerja guru bidang studi akuntansi di SMA negeri se-kota Kediri / Yulidhul Fitriya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fitriya Yulidhul. 2009. Pengaruh Tingkat Pendidikan Pelatihan dan Pengalaman Mengajar terhadap Kinerja Guru Bidang Studi Akuntansi di SMA Negeri se-Kota Kediri. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ika Putri Larasati S.E. M.Com (2) Satia Nur Maharani S.E. M.Sa. Ak. Kata kunci tingkat pendidikan pelatihan pengalaman mengajar kinerja guru Bahwa pendidikan Indonesia sampai saat ini belum mampu secara optimal membentuk masyarakat Indonesia yang berkualitas dan memiliki daya saing dengan masyarakat global. Hal ini tampak bahwa kualitas SDM Indonesia masih tergolong rendah sebagai salah satu akibat dari rendahnya mutu pendidikan. Upaya-upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru yaitu dengan adanya UU No.14 tahun2005 tentang Guru dan Dosen yang menyebutkan guru dipersyaratkan memiliki kualifikasi akademik Pendidikan Tinggi Program Sarjana atau Diploma Empat. Selain itu dengan adanya UU No.22 tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah menyebutkan adanya otonomi pendidikan ke sekolah. Kemandirian sekolah ini dapat menumbuhkembangkan potensi yang dimiliki guru. Untuk mewujudkan hal tersebut salah satu upaya peningkatan kualitas kinerja guru yaitu melalui pelatihan bagi guru-guru di sekolah. Selain tingkat pendidikan dan pelatihan pengalaman mengajar yang cukup juga mempengaruhi peningkatan kualitas kinerja guru. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rendahnya kualitas kinerja guru dipengaruhi oleh tingkat pendidikan pelatihan dan pengalaman mengajar. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan populasi penelitian yaitu 30 guru bidang studi Akuntansi di SMA Negeri se-Kota Kediri. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara tingkat pendidikan terhadap kinerja guru bidang studi Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai thitung (2 084) ttabel (2 056) adanya pengaruh antara pelatihan terhadap kinerja guru bidang studi Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai thitung (6 982) ttabel (2 056) adanya pengaruh antara pengalaman mengajar terhadap kinerja guru bidang studi Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai thitung (4 294) ttabel (2 056) dan adanya pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan pelatihan dan pengalaman mengajar terhadap kinerja guru bidang studi Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung (32 798) Ftabel (2 96). Dari hasil analisis regresi berganda diperoleh nilai Adjusted R Square 0 767. Hal ini berarti 76 7% perubahan variabel Y disebabakan oleh variabel X1 X2 X3 sedangkan sisanya 23 3% disebabkan oleh faktor lain. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara tingkat pendidikan pelatihan dan pengalaman mengajar terhadap kinerja guru bidang studi Akuntansi di SMA Negeri se-Kota Kediri baik secara simultan maupun secara parsial. Oleh karena itu saran bagi guru bidang studi Akuntansi di SMA Negeri se-Kota Kediri untuk mempertahankan dan mengambangkan metode pembelajaran dengan mengikuti pelatihan guru atau MGMP untuk meningkatkan kualitas kinerja guru bidang studi Akuntansi di SMA Negeri se-Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34310

Actions (login required)

View Item View Item