Kriteria sekolah yang efektif menurut peserta didik guru, dan wali murid di SMP Negeri se-kota Kediri / Nita Kristiani Agustina

Agustina, Nita Kristiani (2012) Kriteria sekolah yang efektif menurut peserta didik guru, dan wali murid di SMP Negeri se-kota Kediri / Nita Kristiani Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: sekolah yang efektif, peserta didik, guru, wali murid. Kebutuhan dan harapan masyarakat akan mutu pelayanan pendidikan yang baik menjadi pemicu perlunya sekolah yang efektif. Terdapat kriteria-kriteria yang harus dipertimbangkan dalam memilih sekolah. Setiap individu mempunyai latar belakang yang berbeda-beda, sehingga kriteria sekolah yang efektif menurut peserta didik, guru dan wali murid berbeda pula. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan umum untuk mengetahui kriteria sekolah yang efektif menurut peserta didik, guru dan wali murid di SMP Negeri se-Kota Kediri, sedangkan tujuan penelitian khusus: (1) untuk mengetahui kriteria sekolah yang efektif menurut peserta didik di SMP Negeri se-Kota Kediri; (2) untuk mengetahui kriteria sekolah yang efektif menurut guru di SMP Negeri se- Kota Kediri; (3) untuk mengetahui kriteria sekolah yang efektif menurut wali murid di SMP Negeri se-Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, menggunakan rancangan eksploratori karena bertujuan untuk memperoleh dan menggali gejala alam atau sosial, dengan maksud merumuskan gejala tersebut secara rinci. Populasi berjumlah 16031 orang. Sampel penelitian berjumlah 577 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik pengambilan sampel bertujuan atau purposive sampling. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan angket. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan ada17 faktor kriteria sekolah yang efektif menurut peserta didik, meliputi: (1) kepemimpinan; (2) iklim di sekolah; (3) keterlibatan masyarakat; (4) kesempatan untuk belajar; (5) kompetensi guru; (6) mengorganisasikan sekolah dan kelas; (7) keunggulan sekolah; (8) sekolah sangat menghargai waktu; (9) berorientasi prestasi; (10) standar kerja yang tinggi dan jelas; (11) peran tanggung jawab siswa; (12) partisipasi orang tua dan masyarakat; (13) rata-rata hilangnya waktu per jam pengajaran; (14) kehadiran; (15) frekuensi dan durasi pertemuan formal; (16) waktu belajar; (17) rata-rata ukuran kelas per sekolah. Menurut guru 14 faktor kriteria sekolah yang efektif, meliputi: (1) SDM; (2) potensi sekolah; (3) evaluasi; (4) standar kerja yang tinggi dan jelas; (5) iklim sekolah; (6) sekolah sangat menghargai waktu; (7) keterlibatan masyarakat; (8) partisipasi orang tua dan masyarakat serta tanggung jawab siswa; (9) kinerja guru; (10) luas kelas dan tanggung tawab guru; (11) memiliki program dan jadwal ekstrakurikuler; (12) waktu belajar; (13) metode pembelajaran; (14) iklim di sekolah yang menyenangkan. Menurut wali murid 15 faktor kriteria sekolah yang efektif, meliputi: (1) iklim sekolah; (2)potensi sekolah; (3) terorganisasi dan terprogram; (4) rata-rata hilangnya waktu per jam pengajaran; (5) keterlibatan masyarakat; (6)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3431

Actions (login required)

View Item View Item