Pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Probolinggo / D.P. Sejatiningtyas R., - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Probolinggo / D.P. Sejatiningtyas R.,

Rahayu, Sejatiningtyas D.P. (2010) Pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Probolinggo / D.P. Sejatiningtyas R.,. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu Sejatiningtyas D.P.2009. Pengaruh Lingkungan Keluarga Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Probolinggo. Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) DR.Dyah Aju Wardhani M.Si Ak. (II) Sri Pujiningsih M.Si Ak. Kata Kunci Lingkungan Keluarga Lingkungan Sekolah Lingkungan Masyarakat dan Prestasi Belajar Siswa. Pendidikan merupakan sarana utama di dalam membentuk dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas baik melalui pendidikan informal di rumah maupun melalui pendidikan formal di sekolah. Tanpa adanya pendidikan formal dan informal akan sulit untuk mencetak kualitas sumber daya manusia yang baik yang dapat menentukan masa depan bangsa sendiri. Robert M. Gagne mengemukakan bahwa hasil belajar dipengaruhi oleh stimulus yang berasal dari lingkungan (Sagala Syaiful 2003 17). Lingkungan merupakan segala sesuatu yang mencakup material dan stimulus di dalam dan diluar individu. Menurut Slameto (2003 60) faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap belajar siswa dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara variable lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan msyarakat terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas XI jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Probolinggo. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Probolinggo. Lingkungan sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Probolinggo. Lingkungan masyarakat juga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Probolinggo. Sedangkan secara simultan lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Probolinggo. Variabel yang palingdominan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Probolinggo adalah variabel lingkungan keluarga. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada pada para pembaca yang berminat meneliti kasus sejenis sebaiknya menggunakan penelitian sampel dengan wilayah populasi yang lebih luas serta mengembangkan permasalahan dan pemakaian indikator-indikator yang lebih handal dan terbaru. Dengan demikian hasil yang diharapkan dapat mengungkap lebih permasalahan dan memberikan hasil temuan penelitian yang lebih berarti dan bermanfaat bagi banyak pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34309

Actions (login required)

View Item View Item