Pengaruh sejumlah faktor yang mempengaruhi pembelajaran akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI jurusan IPS di SMA Negeri I Puri Mojokerto tahun ajaran 2009/2010 / Fety Diah Wahyuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh sejumlah faktor yang mempengaruhi pembelajaran akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI jurusan IPS di SMA Negeri I Puri Mojokerto tahun ajaran 2009/2010 / Fety Diah Wahyuningsih

Wahyuningsih, Fety Diah (2010) Pengaruh sejumlah faktor yang mempengaruhi pembelajaran akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI jurusan IPS di SMA Negeri I Puri Mojokerto tahun ajaran 2009/2010 / Fety Diah Wahyuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Diah Fety W. 2009. Pengaruh Sejumlah Faktor yang Mempengaruhi Pembelajaran Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Puri Mojokerto Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) DR.Nurika Restuningdiah SE. M.Si. AK Pembimbing (II) Sri Pujiningsih SE. M.Si. AK Kata Kunci faktor intern faktor ekstern prestasi belajar Rendahnya prestasi belajar akuntansi disebabkan oleh beberapa faktor antara lain karena faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern adalah faktor yang timbul dari dalam diri siswa itu sendiri. Faktor ekstern adalah faktor yang datang dari luar diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menjelaskan apakah faktor intern yang diproksi oleh minat belajar persepsi terhadap bahan pelajaran cara belajar motivasi dan kesehatan jasmani yang mempengaruhi pembelajaran akuntansi berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Puri Mojokerto (2) menjelaskan apakah faktor ekstern yang diproksi oleh lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan masyarakat yang mempengaruhi pembelajaran akuntansi berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Puri Mojokerto dan (3) menjelaskan apakah faktor intern dan ekstern yang mempengaruhi pembelajaran akuntansi yang diproksi oleh minat belajar persepsi terhadap bahan pelajaran cara belajar motivasi kesehatan jasmani lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan masyarakat berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Puri Mojokerto dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Metode pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling dengan menetapkan kelas XI IPS sebagai kelas sampel Sampel yang digunakan sebanyak 36 siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut (a) terdapat pengaruh antara minat belajar persepsi terhadap bahan pelajaran cara belajar lingkungan keluarga dan masyarakat secara parsial terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Puri Mojokerto (b) tidak terdapat pengaruh antara motivasi kesehatan jasmani dan lingkungan sekolah secara parsial terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Puri Mojokerto (c) terdapat pengaruh antara variabel faktor intern dan ekstern secara simultan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Saran yang diberikan (a) guru sebaiknya menghubungkan bahan pelajaran yang diberikan dengan persoalan pengalaman yang dimiliki siswa sehingga siswa mudah menerima bahan pelajaran (b) hendaknya memberikan penyajian materi yang lebih menyenangkan (c) siswa harus dilatih untuk memberi saran mengeluarkan pendapat bertanya memecahkan soal menganalisis dan sebagainya (d) memotivasi siswa untuk lebih menyukai pelajaran akuntansi (e) memberikan alat penunjang bagi siswa yang mempunyai kekurangan/cacat fisik orang tua juga harus memperhatikan kesehatan dan gizi anaknya (f) memberikan pengertian dan kasih sayang disertai dengan bimbingan akan sangat perlu untuk mensukseskan belajar anak (g) sebaiknya guru mengganti metode ceramah dengan metode-metode baru dan (h) sebaiknya membatasi/mengurangi pergaulan yang kurang bermanfaat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34308

Actions (login required)

View Item View Item