Upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi siswa kelas X Ak 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata diklat siklus akuntansi melalui penerapan pembelajaran kooperatif metode two stay two stray (TSTS) / Vikiana Mashuri - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi siswa kelas X Ak 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata diklat siklus akuntansi melalui penerapan pembelajaran kooperatif metode two stay two stray (TSTS) / Vikiana Mashuri

Mashuri, Vikiana (2010) Upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi siswa kelas X Ak 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata diklat siklus akuntansi melalui penerapan pembelajaran kooperatif metode two stay two stray (TSTS) / Vikiana Mashuri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mashuri Vikiana 2010. Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas X AK 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada Mata Diklat Siklus Akuntansi Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Two Stay Two Stray (TSTS). Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sawitri Dwi Prastiti SE M.Si Ak (2) Ika Putri Larasati SE. M.Com Kata kunci metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) kemampuan berpikir kritis siswa kemampuan komunikasi siswa Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru mata diklat dapat disimpulkan bahwa masalah yang teridentifikasi antara lain siswa kurang aktif menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru siswa tidak berani bertanya atau kurang bisa mengungkapkan pendapat serta rendahnya ketekunan sebagian siswa dalam menyelesaikan tugas serta kurangnya partisipasi siswa dalam diskusi. Masalah-masalah yang terjadi di kelas X Ak 2 tersebut menunjukkan ciri-ciri rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemamuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi siswa. Metode pembelajaran yang dapat diterapkan adalah salah satu pembelajaran kooperatif metode TSTS. Berdasarkan tindakan pada siklus I dan siklus II diperoleh hasil bahwa jumlah siswa yang dapat memenuhi indikator keberhasilan tindakan kemampuan berpikir kritis tingkat pengetahuan meningkat dari 16 siswa menjadi 22 siswa tingkat pemahaman meningkat dari 12 siswa menjadi 23 siswa tingkat penerapan dari 17 siswa menjadi 30 siswa. Sedangkan pada kemampuan komunikasi yang diperoleh pada siklus I dan siklus II jumlah siswa yang dapat memenuhi indikator keberhasilan tindakan kemampuan menyampaikan pikiran dan perasaan dari 16 siswa menjadi 24 siswa kemampuan memahami orang lain dari 17 siswa menjadi 21 siswa kemampuan memberi dukungan pada orang lain dari 9 siswa menjadi 22 siswa dan kemampuan mengungkapkan diri dari 18 siswa menjadi 22 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode TSTS pada siswa kelas X AK 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu pada tahap diskusi kelompok asal dan diskusi kelompok tamu karena separuh jumlah siswa dari sejumlah 41 siswa kelas X AK 2 dapat memenuhi indikator keberhasilan tindakan kemampuan berpikir kritis peningkatan ini terjadi dari siklus I ke II. Selain itu penerapan metode TSTS ini juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa yaitu pada tahap diskusi kelompok asal diskusi kelompok tamu dan tahap presentasi kelompok karena separuh siswa dari sejumlah 41 siswa kelas X AK 2 dapat memenuhi indikator keberhasilan tindakan kemampuan komunikasi peningkatan ini terjadi dari siklus I ke II. Sedangkan hal yang disarankan adalah bahwa dalam menerapkan metode TSTS guru harus lebih merata dan teliti dalam mengelola kelas supaya setiap siswa dalam kelompok dapat lebih aktif dalam melaksanakan proses pembelajaran. Siswa hendaknya bisa lebih aktif lagi dalam kegiatan pembelajaran serta peneliti harus dapat membagi waktu yang tepat dan mengeloa kelas dengan baik agar tahapan dalam penelitian dapat terlaksana dengan baik dan selesai tepat waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34307

Actions (login required)

View Item View Item