Pengaruh aktivitas berorganisasi terhadap prestasi belajar siswa SMA NEGERI 2 Pamekasan / Farida Amalia Suyitno - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh aktivitas berorganisasi terhadap prestasi belajar siswa SMA NEGERI 2 Pamekasan / Farida Amalia Suyitno

Suyitno, Farida Amalia (2010) Pengaruh aktivitas berorganisasi terhadap prestasi belajar siswa SMA NEGERI 2 Pamekasan / Farida Amalia Suyitno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suyitno Farida Amalia. 2009. Pengaruh Aktivitas Berorganisasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Pamekasan. Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dr. Drs. Bambang Sugeng S.E. M.A. M.M. Ak. Pembimbing II Dra. Suparti M.P. Kata Kunci Aktivitas Berorganisasi Prestasi Belajar. Aktivitas berorganisasi merupakan kegiatan yang dilakukan siswa diluar jam belajar dalam rangka mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki siswa.Organisasi di sekolah sendiri terdiri dari organisasi intra dan organisasi ekstra. Aktivitas organisasi sering dijadikan sebagai salah satu faktor penyebab menurunnya prestasi belajar siswa. Padahal menurut teori motivasi Maslow dan Berne organisasi bisa dijadikan sebagai pendongkrak motivasi untuk meningkatkan prestasi karena dengan berorganisasi siswa bisa memenuhi salah satu dari tujuh hierarki kebutuhannya dan organisasi bisa dijadikan sebagai tempat menerima rangsangan yang baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara aktivitas berorganisasi dari siswa yang mengikuti organisasi intra dan siswa yang mengikuti organisasi ekstra terhadap prestasi belajar serta apakah terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti organisasi intra dan yang mengikuti organisasi ekstra. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Pamekasan yang mengikuti aktivitas organisasi dan sampelnya adalah siswa yang aktif mengikuti organisasi baik intra maupun ekstra dan hanya aktif dalam satu organisasi saja. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang dilakukan dengan teknik dokumentasi nilai raport siswa sebelum aktif mengikuti organisasi dan sesudah aktif mengikuti aktivitas berorganisasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis T-test. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan dari aktivitas berorganisasi baik siswa yang mengikuti aktivitas organisasi intra maupun siswa yang mengikuti aktivitas organisasi ekstra terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 2 Pamekasan. Dan tidak terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti aktivitas organisasi intra dan yang mengikuti aktivitas organisasi ekstra. Adapun saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan hasil penelitian ini adalah (1) Ada baiknya pengukuran prestasi belajar juga ditambah dengan nilai test atau ulangan harian sesungguhnya supaya bisa lebih diketahui nilai siswa yang sebenarnya.(2)Ada baiknya dicari juga perbedaan prestasi siswa dari berbagai macam jenis organisasi yang ada dalam kelompok organisasi ekstrakulikuler.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34305

Actions (login required)

View Item View Item