Perbedaan peningkatan sikap dan hasil belajar akuntansi peserta didik SMA NEGERI 8 Malang melalui kombinasi metode pembelajaran think pair share (TPS) dengan permainan teka-teki / Anggi Wahyu Maulandani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan peningkatan sikap dan hasil belajar akuntansi peserta didik SMA NEGERI 8 Malang melalui kombinasi metode pembelajaran think pair share (TPS) dengan permainan teka-teki / Anggi Wahyu Maulandani

Maulandani, Anggi Wahyu (2010) Perbedaan peningkatan sikap dan hasil belajar akuntansi peserta didik SMA NEGERI 8 Malang melalui kombinasi metode pembelajaran think pair share (TPS) dengan permainan teka-teki / Anggi Wahyu Maulandani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulandani Anggi Wahyu. 2009. Perbedaan Peningkatan Sikap dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 8 Malang melalui Kombinasi Metode Pembelajaran Think Pair Share dengan Permainan teka-teki. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi. FE. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dyah Aju Wardhani M.Si. Ak. (II) Sawitri Dwi Prastiti. S.E. M.Si. Ak. Kata kunci metode pembelajaran Think Pair Share permainan teka-teki sikap hasil belajar Guru memiliki peranan yang besar dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah. Berangkat dari fakta yang diperoleh peneliti khususnya mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS masih disampaikan dengan metode konvensional. Dari sini peneliti mencoba menggunakan kombinasi metode pembelajaran think pair share dengan permainan teka-teki untuk mengetahui apakah metode ini dapat meningkatkan sikap dan hasil belajar siswa bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 8 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Penelitian membagi sasaran penelitian menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol adalah kelompok yang dalam proses pembelajarannya menggunakan metode konvensional atau ceramah. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang dalam proses pembelajarannya menggunakan kombinasi metode pembelajaran think pair share dengan permainan teka-teki dalam mata pelajaran akuntansi. Pada akhir eksperimen maka akan diuji kelompok mana yang lebih baik apakah kelompok kontrol ataukah kelompok eksperimen. Analisis yang digunakan untuk menguji kemampuan awal dan kemampuan akhir siswa adalah analisis uji t. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar akuntansi siswa melalui kombinasi pembelajaran think pair share dengan permainan teka-teki lebih bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Selanjutnya dilihat dari respon sikap siswa dari hasil pengamatan menunjukkan bahwa siswa memiliki kecenderungan respon positif. Berdasarkan dari analisis data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar akuntansi dan sikap siswa kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan dengan kombinasi metode pembelajaran think pair share dengan permainan teka-teki lebih baik bila dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi dan sikap siswa kelompok kontrol yang diberi perlakuan secara konvensional. Penulis menyarankan untuk (1) menerapkan pembelajaran TPS sebagai variasi guru dalam mengajar juga karena dapat meningkatkan sikap siswa dalam kegiatan pembelajaran dan hasil belajar (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa hendaknya guru memilih strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran dikelas (3) Bagi lembaga pendidikan atau instansi terkait disarankan untuk dapat mensosialisasikan pembelajaran kooperatif khususnya metode Think Pair (4) Kapasitas kelas yang digunakan sebagai eksperimen sebaiknya tidak melebihi terlalu banyak (5) Peneliti mengharapkan ada penelitian sejenis dengan memperhatikan faktor-faktor pendukung yang lain yang turut berpengaruh terhadap hasil penelitian namun tidak teridentifikasi dalam jabaran variabel penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34304

Actions (login required)

View Item View Item