Pengaruh kebiasaan belajar, lingkungan keluarga dan ketersediaan sunber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa jurusan IPS di SMA NEGERI 1 Prambon / Intan Diana Ros - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kebiasaan belajar, lingkungan keluarga dan ketersediaan sunber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa jurusan IPS di SMA NEGERI 1 Prambon / Intan Diana Ros

Ros, Intan Diana (2010) Pengaruh kebiasaan belajar, lingkungan keluarga dan ketersediaan sunber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa jurusan IPS di SMA NEGERI 1 Prambon / Intan Diana Ros. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ros Intan Diana. 2009. Pengaruh Kebiasaan Belajar Lingkungan Keluarga dan Ketersediaan Sumber Belajar di Rumah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Jurusan IPS di SMA Negeri 1 Prambon. Skripsi Jurusan Pendidikan Akunntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nurika Restuningsih SE M.Si Ak dan (2) Makaryanawati S.E M.Si Ak. Kata kunci Kebiasaan Belajar Lingkungan Keluarga Ketersediaan Sumber Belajar dan Prestasi Belajar Siswa. Prestasi belajar merupakan hasil belajar siswa yang diperoleh siswa dalam menyerap atau menerima ilmu pengetahuan dan materi pelajaran yang diberikan oleh guru selama proses belajar mengajar yang biasanya ditunjukkan dalam bentuk tes atau angka. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa seperti kebiasaan belajar lingkungan keluarga sosial ekonomi keluarga dan ketersediaan sumber belajar siswa. Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh kebiasaan belajar lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa Jurusan IPS di SMA Negeri 1 Prambon. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kebiasaan belajar lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa secara parsial maupun simultan di SMA Negeri 1 Prambon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dokumentasi dan kuesioner (angket). Sampel dalam penelitian berjumlah 73 siswa. Metode analisa data yang digunakan adalah analisa regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa Jurusan IPS di SMA Negeri 1 Prambon 2) Ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa Jurusan IPS di SMA Negeri 1 Prambon 3) Tidak ada pengaruh ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa Jurusan IPS di SMA Negeri 1 Prambon dan (4) ada pengaruh secara simultan antara kebiasaan belajar lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa jurusan IPS di SMA negeri 1 Prambon. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan 1) Peran pihak sekolah disini yaitu untuk menyediakan sumber belajar di sekolah agar ada keinginan siswa untuk lebih meningkatkan kebiasaan belajar yang baik sehingga prestasi belajarnya menjadi lebih baik lagi 2) Siswa sebaiknya lebih memperhatikan lagi kebiasaan belajarnya dan diharapkan dapat memperhatikan kebiasaan belajar tersebut menjadi lebih baik agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa itu sendiri 3) bagi peneliti selanjutnya masih terdapat banyak variabel-variabel lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34300

Actions (login required)

View Item View Item