Pengaruh persepsi siswa tentang efikasi diri terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa jurusan akuntansi di SMK negeri 1 Turen / Dwi Susiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang efikasi diri terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa jurusan akuntansi di SMK negeri 1 Turen / Dwi Susiani

Susiani, Dwi (2010) Pengaruh persepsi siswa tentang efikasi diri terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa jurusan akuntansi di SMK negeri 1 Turen / Dwi Susiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susiani Dwi. 2009. Persepsi Siswa tentang Efikasi Diri terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri I Turen. Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Yuli Widi Astuti SE M.Si Ak (2) Sawitri Dwi Prastiti SE M.Si Ak . Kata kunci Efikasi Diri Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar antara lain perhatian minat kematangan/pertumbuhan latihan/ujian motivasi belajar sifat kepribadian seseorang keadaan keluarga teknik belajar lingkungan dan kesempatan. Dan satu lagi faktor yang penting dalam meningkatkan motivasi berprestasi seorang siswa adalah efikasi diri. Efikasi diri mengacu pada keyakinan akan kemampuan individu untuk menggerakkan motivasi kemampuan kognitif serta tindakan yang diperlukan untuk memenuhi tuntutan situasi. Keyakinan individu mengenai kemampuan berperan sebagai perangkat faktor penentu individu dalam berperilaku cara berpikir reaksi emosional dalam mengatasi suatu masalah tertentu. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besarnya pengaruh secara langsung persepsi siswa tentang efikasi diri terhadap motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui besarnya pengaruh secara tidak langsung persepsi siswa tentang efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar di SMK Negeri I Turen. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian Eksplanasi (Explanatory Research). Populasi dalam rencana penelitian ini adalah meliputi seluruh siswa jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Turen. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purpossive sampling sampel seluruhnya berjumlah dua kelas yaitu 80 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh langsung antara persepsi siswa tentang efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri I Turen. (2) Terdapat pengaruh tidak langsung antara persepsi siswa tentang efikasi diri terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri I Turen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan 1) bagi orang tua meningkatkan perhatiannya terhadap perkembangan anak yang terpenting adalah memberikan dorongan spiritual sebagai motivasi yang kuat 2) peran pihak sekolah yaitu untuk memberikan perhatian terhadap tingkah laku siswa di sekolah agar ada keinginan siswa untuk lebih meningkatkan belajar yang 3) siswa sebaiknya lebih perhatian terhadap lingkungan sekitar yang memacu siswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34299

Actions (login required)

View Item View Item