Penerapan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation ( GI ) untuk meningkatkan motifasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat siklus akuntansi kelas X ak SMK PGRI 6 Malang / Silvia Nurdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation ( GI ) untuk meningkatkan motifasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat siklus akuntansi kelas X ak SMK PGRI 6 Malang / Silvia Nurdiana

Nurdiana, Silvia (2010) Penerapan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation ( GI ) untuk meningkatkan motifasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat siklus akuntansi kelas X ak SMK PGRI 6 Malang / Silvia Nurdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurdiana Silvia. 2009. Penerapan Metode Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Diklat Siklus Akuntansi Siswa kelas X AK SMK PGRI 6 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Triadi Agung S S.E. M.Si Ak (II) Dr. Bambang Sugeng S.E. M.A. M.M. Ak. Kata kunci Group Investigation Motivasi Belajar Hasil Belajar Kegiatan pembelajaran pada mata diklat siklus akuntansi di kelas X Ak SMK PGRI 6 Malang masih didominasi oleh model pembelajaran konvensional yaitu menggunakan ceramah dan tanya jawab sehingga siswa mengalami kejenuhan dan merasa bosan di kelas. Siswa kurang aktif dalam kelas dan guru kurang memberi kesempatan pada siswa untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan hasil belajar yang diperoleh siswa belum memenuhi Standar Ketuntasan Minimal (SKM) secara keseluruhan. Salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk mengaktifkan siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar di dalam proses pembelajaran adalah salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif yaitu model Group Investigation. Dengan model pembelajaran ini siswa dapat bekerja sama antar anggota kelompok saling menyumbangkan pikiran dan adanya sikap tanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar secara individu maupun kelompok. Pembelajaran model Group Investigation yaitu kelompok kecil untuk mendorong dan menuntun siswa dalam keterlibatan belajar secara aktif di dalam kelas dengan komunikasi secara terbuka dan kerjasama dalam merencanakan serta memilih topik investigasi. Hasil akhir dari kelompok merupakan sumbangan ide tiap anggota dengan demikian belajar kelompok lebih mengasah intelektual siswa sehingga siswa dapat mencapai hasil belajar yang lebih efisien daripada belajar secara individu. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI 6 Malang pada semester gasal tahun pelajaran 2009/20010 dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Ak SMK PGRI 6 Malang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Group Investigation untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Group Investigation dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siwa dengan penerapan model pembelajaran Group Investigation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi belajar siswa berdasarkan lembar observasi pada siklus I motivasi siswa belum cukup baik sebagian siswa masih banyak yang tidak mengikuti kegiatan pembelajaran sedangkat pada siklus II antusias mengikuti pembelajaran sangat baik hal ini terlihat dari siswa sangat aktif dalam jalannya diskusi kelas. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan terlihat dari nilai ratarata siswa sebesar 82 67 pada siklus I menjadi 87 11 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Ak SMK PGRI 6 Malang. Penerapan pembelajaran ini disarankan sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran yang lebih bervariasi dalam kegiatan pembelajaran agar motivasi dan hasil belajar meningkat. Salah satu model yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran Group Investigation sehingga model pembelajaran ini disarankan untuk diterapkan dikelas. Bagi peneliti berikutnya disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Group Investigation pada mata diklat yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34297

Actions (login required)

View Item View Item