Pengaruh persepsi siswa tentang lingkungan belajar terhadap pretasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 1 Kediri program keahlian akuntansi tahun ajaran 2009/2010 / Yuli Sulistyo Rini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang lingkungan belajar terhadap pretasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 1 Kediri program keahlian akuntansi tahun ajaran 2009/2010 / Yuli Sulistyo Rini

Rini, Yuli Sulistyo (2010) Pengaruh persepsi siswa tentang lingkungan belajar terhadap pretasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 1 Kediri program keahlian akuntansi tahun ajaran 2009/2010 / Yuli Sulistyo Rini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

196106111986011001 ABSTRAK Rini Yuli Sulistyo . 2009. Pengaruh Persepsi Siswa Program Keahlian Akuntansi tentang Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Kediri. Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Bambang Sugeng S.E M.A M.M Ak (2) Dr. Nurika R S. E. M.Si. Ak Kata kunci Lingkungan Keluarga Lingkungan Sekolah Lingkungan Masyarakat Pendidikan merupakan suatu proses yang kompleks melibatkan berbagai pihak khususnya lingkungan keluarga lingkungan sekolah lingkungan masyarakat. Ketiga lingkungan ini sering disebut juga Tri Pusat Pendidikan. Apabila ketiga lingkungan harus dapat saling mendukung satu sama lain maka prestasi belajar siswa akan menjadi lebih baik Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang lingkungan belajar siswa SMK Muhammadiyah 1 Kediri. (2) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 1 Kediri. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi siswa tentang lingkungan belajar terhadap prestasi belajar di SMK Muhammadiyah 1 Kediri . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X XI XII program keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Kediri tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 80 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang lingkungan belajar yang meliputi persepsi siswa mengenai lingkungan keluarga (X1) lingkungan sekolah (x2) dan lingkungan masyarakat (x3). Sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa program keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 kediri tahun ajaran 2009/2010 (Y) Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPPSS for Windows Release 13.0 dengan taraf signifikasi 5%. Diperoleh dari variabel lingkungan keluarga (X1) didapatkan B 0 06 t hitung 2 161 Dengan sig t 0 034 Variabel lingkungan sekolah (X2) didapatkan B 0 09 t hitung 4 741 dengan sig t 0 00 Diperoleh dari variabel lingkungan masyarakat (X3) didapatkan B 0 13 t hitung 3 883 Dengan sig t 0 00. Selain itu didapatkan juga nilai F hitung sebesar 30 929 serta nilai koefisien determinasi (Adjusted R) sebesar yang memiliki arti bahwa lingkungan belajar secara simultan mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 0 532 % sedangkan sisanya 46 8 dipengaruhi oleh variabel yang tidak dideskripsikan dalam penelitian ini Berdasarkan penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif signifikan persepsi siswa mengenai lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar siswa program keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Kediri tahun ajaran 2009/2010. Sedangkan secara simultan terdapat pengaruh positif signifikan persepsi siswa mengenai lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar siswa program keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Kediri tahun ajaran 2009/2010. Saran yang dapat peneliti berikan adalah pihak keluarga harus memberikan pengertian dan perhatian yang lebih untuk anak dalam belajar sehingga anak akan lebih termotivasi untuk belajar. Pihak sekolah harus lebih meningkatkan fasilitas belajar siswa dan berusaha untuk menciptakan lingkungan sekolah yang tenang dan nyaman supaya siswa dapat berkonsentrasi dalam belajar. Pihak masyarakat harus menciptakan lingkungan yang tenang kondusif dan edukatif terutama dalam meningkatkan prestasi belajar anak yaitu dengan suasana belajar anak yang tenang jayh dari keributan masyarakat sehingga siswa dapat berkosentrasi dalam meningkatkan prestasi belajarnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34295

Actions (login required)

View Item View Item