Pengaruh persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XII Jurusan Akuntansi pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar / Farida Yanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XII Jurusan Akuntansi pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar / Farida Yanti

Yanti, Farida (2010) Pengaruh persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XII Jurusan Akuntansi pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar / Farida Yanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yanti Farida. 2009. Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Variasi Metode Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Bambang Sugeng S.E Ak M.A M.M. (II) Sriyani Mentari S.Pd M.M. Kata kunci Persepsi variasi mengajar metode mengajar motivasi belajar. Persepsi merupakan pemberian makna terhadap sesuatu.Variasi adalah penganekaragaman dalam penyajian kegiatan mengajar sebagai salah satu kreatifitas guru untuk membelajarakan siswa. Metode mengajar adalah cara yang digunakan guru untuk melakukan hubungan dengan siswa untuk melaksanakan proses pemebelajaran. Sedangkan motivasi belajar siswa merupakan keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan menjamin kelangsungan dan memberikan arah kegiatan belajar sehingga tujuan yang diharapkan bisa tercapai. Semakin baik persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru maka motivasi belajar siswa juga akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru trehadap motivasi belajar siswa kelas XII jurusan Akuntansi pada mata pelajaran Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi (Explanatory) dan instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar yang berjumlah 113 siswa dengan sampel sebesar 39 responden sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa persepsi mengenai variasi metode mengajar guru berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi sebesar 30 9% dan sisanya 69.1% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti. Dapat dilihat juga dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai uji t untuk persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru adalah 4.064 dengan signifikansi 0.000 pada taraf kesalahan 5%. Dari hasil angka signifikansi 0.000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34292

Actions (login required)

View Item View Item