Perbedaan prestasi belajar pada mata diklat persamaan dasar akuntansi dengan menggunakan media pembelajaran dan tanpa menggunakan media pembelajaran program macromedia flash proffesional 8 di kelas X siswa Jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Umi Aisyah

Aisyah, Umi (2010) Perbedaan prestasi belajar pada mata diklat persamaan dasar akuntansi dengan menggunakan media pembelajaran dan tanpa menggunakan media pembelajaran program macromedia flash proffesional 8 di kelas X siswa Jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Umi Aisyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aisyah, Umi. 2010. Perbedaan Prestasi Belajar pada Mata Diklat Persamaan Dasar Akuntansi dengan Menggunakan Media Pembelajaran dan tanpa Menggunakan Media Pembelajaran Program Macromedia Flash Professional 8 di Kelas X Siswa Jurusan Akuntansi SMK Muhammaddiyah 5 Kepanjen. Skripsi. Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak.(2) Sriyani Mentari, S.Pd., M.M. Kata kunci: Media Pembelajaran Macromedia Flash Professional 8, Prestasi Belajar. Penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash Professional 8 dapat menyajikan materi pelajaran yang lebih menarik, tidak monoton, dan memudahkan penyampaian. Macromedia Flash Professional 8 merupakan program aplikasi yang digunakan untuk membuat tutorial interaktif, seperti pembuatan bahan ajar untuk e-learning, pembuatan demo produk, presentasi interaktif dan program ini mampu menghasilkan output flash. Dengan adanya media pembelajaran, peserta didik dapat menyerap informasi secara maksimal terkait dengan materi yang disampaikan oleh guru sehingga dapat menciptakan kondisi keaktifan siswa yang berdampak terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan penilitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan prestasi belajar siswa di kelas X jurusan akuntansi SMK Muhammaddiyah 5 Kepanjen yang diberi perlakuan pengajaran dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash Professional 8; (2) Mendeskripsikan prestasi belajar siswa di kelas X jurusan akuntansi SMK Muhammaddiyah 5 Kepanjen yang diberi perlakuan pengajaran tanpa menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash Professional 8; dan (3) Menjelaskan apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa siswa di kelas X jurusan akuntansi SMK Muhammaddiyah 5 Kepanjen yang diberi perlakuan pengajaran dengan dan tanpa menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash Professional 8. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan bentuk desain nonequivalen control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan akuntansi di SMK Muhammaddiyah 5 Kepanjen. Sampel penelitian sebanyak 66 siswa dari dua kelas. Penentuan kelas dilakukan dengan metode random sampling (acak). Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran macromedia flash professional 8 dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap prestasi belajar siswa, hal ini dapat diketahui dari rata-rata prestasi belajar kelompok eksperimen mencapai 80,53 dengan rentangan 77,5-84,5 termasuk dalam kriteria baik; (2) Prestasi belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran macromedia flash professional 8 belum dapat menunjukkan hasil yang maksimal, hal ini dapat diketahui dari rata-rata prestasi belajar kelompok kontrol mencapai 70,53 dengan rentangan 69,5-76,5 termasuk dalam kriteria cukup; dan (3) Ada perbedaan prestasi belajar antara siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung > t tabel yaitu 4,542 > 1,997 dan nilai probabilitas yang diperoleh sebesar 0,00 sehingga nilai signifikasi kurang dari 0,05. Saran yang diajukan adalah: (1) Bagi pembaca yang akan mengadakan penelitian sejenis diharapkan untuk melakukan penyempurnaan atas kekurangankekurangan dalam metode penelitian ini lagi dengan pembahasan lain untuk memperkuat kevalidan dan kereliabelan dalam penelitian ini; (2) Bagi pihak sekolah, khususnya guru pengajar untuk menerapkan media pembelajaran dengan pengembangan program Macromedia Flash Professional 8 pada materi persamaan dasar akuntansi dan (3) Penggunaan media pembelajaran program macromedia flash professional 8 harus tetap sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dicapai dan tidak mereduksi isi (substansi) materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34291

Actions (login required)

View Item View Item