Penerapan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI KU II SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata diklat produktif akuntansi / Yeny Efriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI KU II SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata diklat produktif akuntansi / Yeny Efriana

Efriana, Yeny (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI KU II SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata diklat produktif akuntansi / Yeny Efriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Efriana Yeny. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XIKUII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Pada Mata Diklat Produktif Akuntansi. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurika Restuningdiah S.E M.Si Ak Pembimbing (II) Sri Pujiningsih S.E M.Si. Ak. Kata Kunci Pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) motivasi hasil belajar Metode pembelajaran yang diterapkan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen selama ini adalah konvensional melalui ceramah tanya jawab dimana guru adalah pihak yang lebih mendominasi kegiatan pembelajaran hal ini menyebabkan kebosanan dan kurangnya motivasi belajar siswa karena siswa cenderung pasif. Motivasi yang rendah akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang rendah pula. Oleh karena itu perlu dilakukan pembaharuan terhadap pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa salah satunya adalah dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif TGT. Tahapan yang terdapat dalam pembelajaran TGT meliputi penyajian kelas diskusi kelompok game/turnamen evaluasi dan pemberian penghargaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tidakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana cara menerapkan pembelajaran TGT untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI KU II jurusan Akuntansi. Instrumen yang digunakan adalah tes pedoman wawancara catatan lapangan lembar observasi angket respon siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata skor untuk keseluruhan aspek motivasi belajar siswa pada siklus I mencapai 79% dan dinyatakan dalam taraf keberhasilan baik. Pada siklus II motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 11 38% hal ini ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata keseluruhan aspek motivasi sebesar 90 38% dengan taraf keberhasilan sangat baik. Analisis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah siswa kelas XI KU II yang dinyatakan tuntas belajar sebesar 68% dan 38% dinyatakan belum tuntas belajar. Pada siklus II tingkat ketuntasan belajar siswa kelas XI KU II meningkat sebesar 20% menjadi 88%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) bagi guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) sebagai alternatif pembelajaran di kelas pada mata diklat Produktif Akuntansi khususnya pokok bahasan Pengelolaan Aktiva Tetap atau pada mata diklat lain yang memiliki karakteristik sejenis (2)Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya melakukan penelitian mengenai penerapan pembelajaran kooperatif model TGT baik di kelas maupun di sekolah lain agar hasil penelitian lebih representatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34289

Actions (login required)

View Item View Item