Penerapan metode pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa di kelas X SMK Ardjuna 1 Malang / Widia Rahmaning Tyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa di kelas X SMK Ardjuna 1 Malang / Widia Rahmaning Tyas

Tyas, Widia Rahmaning (2010) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa di kelas X SMK Ardjuna 1 Malang / Widia Rahmaning Tyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tyas Widia Rahmaning. 2010. Penerapan Metode Pembelajaran Model Teams GamesTournament (TGT) Pada Mata Pelajaran Akuntansi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMK Ardjuna 1 Malang. Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Satia Nur Maharani S.E. M.Sa. Ak (II) Sriyani Mentari S.Pd. M.M. Kata Kunci pembelajaran kooperatif TGT aktivitas belajar hasil belajar Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMK Ardjuna 1 Malang kelas X Akuntansi diketahui bahwa bahwa pembelajaran masih menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa kurang aktif dan kurang optimalnya hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif model TGT selama proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian berdasarkan indikator keberhasilan elemen dasar kooperatif yaitu saling ketergantungan positif interaksi tatap muka akuntabilitas individual dan ketrampilan antar personal diketahui bahwa aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan prosentase aktivitas siswa sebesar 54 69% tetapi masih dalam taraf keberhasilan cukup.Untuk hasil belajar pada siklus I skor rata-rata nilai tes adalah 55 62 dalam taraf keberhasilan belum tuntas belajar. Hal ini disebabkan siswa belum terbiasa dengan metode ini. Sedangkan pada siklus ke-II berdasarkan indikator keberhasilan diketahui bahwa penerapan metode TGT telah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa pada siklus II dapat dilihat dari prosentase aktivitas siswa pada siklus ini yaitu sebesar 75 26% dalam taraf keberhasilan baik sedangkan untuk hasil belajar siswa dilihat dari skor rata-rata nilai tes sebesar 70 62 dalam taraf keberhasilan cukup tuntas belajar. Berdasarkan hasil siklus ke-II diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa telah meningkat dan berhasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif model TGT dapat meningkatkan aktivitas belajar pada tahap belajar kelompok tahap turnamen dan tahap penghargaan kelompok sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Hasil belajar siswa juga meningkat dengan cara diterapkannya model TGT pada tahap belajar kelompok sehingga siswa dapat lebih memahami materi pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan (1) Bagi guru menerapkan metode pembelajaran kooperatif model TGT dikarenakan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Selain itu siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model TGT (2) Bagi guru yang menerapkan metode pembelajaran kooperatif model TGT hendaknya dapat mengorganisir waktu dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal (3) Bagi peneliti berikutnya disarankan melakukan penelitian tentang metode pembelajaran kooperatif model TGT pada mata pelajaran yang sama atau mata pelajaran yang lain di tempat berbeda untuk mengembangkan dan menerapkan metode pembelajaran kooperatif model TGT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34288

Actions (login required)

View Item View Item