Perbedaan kinerja pengelolaan dana pendidikan sebelum dan sesudah penerapan manajemen mutu ISO 9001: 2000 pada penyelenggaraan pendidikan (Studi kasus di SMK Negeri 1 Turen) / Shinta Aulia Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan kinerja pengelolaan dana pendidikan sebelum dan sesudah penerapan manajemen mutu ISO 9001: 2000 pada penyelenggaraan pendidikan (Studi kasus di SMK Negeri 1 Turen) / Shinta Aulia Rahmawati

Rahmawati, Shinta Aulia (2010) Perbedaan kinerja pengelolaan dana pendidikan sebelum dan sesudah penerapan manajemen mutu ISO 9001: 2000 pada penyelenggaraan pendidikan (Studi kasus di SMK Negeri 1 Turen) / Shinta Aulia Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Shinta Aulia. 2010. Perbedaan Kinerja Pengelolaan Dana Pendidikan Sebelum dan Sesudah Penerapan Manajemen Mutu ISO 9001 2000 pada Penyelenggaraan Pendidikan (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Turen). Skripsi Jurusan Akuntansi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sri Pujiningsih SE. M.Si Ak. (II) Dra. Hj. Sutatmi SE. M.Si Ak. Kata kunci kinerja pengelolaan dana pendidikan ISO 9001 2000 Pemberlakuan UU No. 22 Tahun 1999 adalah masalah sumber daya manusia (SDM) di mana tugas dan tanggung jawab untuk mewujudkan sekolah yang diharapkan (mandiri dan bermutu) tak lepas dari peran sumber daya manusia yang mengelolanya (termasuk pengelolan dalam bidang keuangan). Oleh karena itu sudah seharusnya setiap institusi pendidikan harus memiliki sumber daya manusia yang mampu memahami mendalami dan menerapkan konsep-konsep ilmu manajemen yang berkembang dewasa ini. Di lain pihak SMK Negeri 1 Turen telah menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan mulai menerapkan ISO 9001 2000 sejak tahun 2008 untuk mendukung pelaksanaan MBS tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan kinerja pengelolaan dana pendidikan sebelum dan sesudah adanya penerapan manajemen mutu ISO 9001 2000. Penelitian ini berdasarkan langkah-langkah penelitian yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari dua orang Bendahara Sekolah dan satu orang Waka Sarana di SMK Negeri 1 Turen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa daftar pertanyaan (wawancara tersruktur) yang dijawab oleh subyek penelitian. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif. Data kualitatif tersebut berupa jawaban-jawaban dari pertanyaan yang disampaikan kepada subyek penelitian yang didukung dengan dokumen-dokumen yang diperoleh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dihasilkan bahwa dalam pelaksanaan pengelolaan dana pendidikan sebelum diterapkannya manajemen mutu ISO 9001 2000 memiliki prosedur pemanfaatan dana yang kurang terstruktur dengan baik sedangkan setelah penerapan Manajemen Mutu ISO 9001 2000 prosedur pemanfaatan dana telah terstruktur dan terdokumentasi dengan baik. Berdasarkan hasil penelaahan dapat disimpulkan bahwa pengelolaan dana pendidikan setelah adanya penerapan manajemen mutu ISO 9001 2000 dinilai lebih efektif dibanding dengan sebelum penerapan manajemen mutu ISO 9001 2000. Saran untuk sekolah yaitu agar dapat melakukan sistem manajemen mutu yang lebih baik lagi dengan melakukan pembaharuan manajemen mutu ISO 9001 2000 menjadi manajemen mutu ISO 9001 2008 (yang merupakan manajemen mutu ISO terbaru). Bagi Dinas Pendidikan untuk dapat melaksanakan pengawasan yang lebih rutin lagi ke tiap-tiap sekolah dalam hal pengawasan terhadap pengelolaan dana pendidikan. Selain itu disarankan pula kepada peneliti selanjutnya untuk dapat mengembangkan penelitian tentang pengelolaan dana pendidikan seperti yang sudah dikaji dalam penelitian ini untuk diterapkan di sekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34283

Actions (login required)

View Item View Item