Pengaruh kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Negeri 2 Blitar / Zulfatun Nisak - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Negeri 2 Blitar / Zulfatun Nisak

Nisak, Zulfatun (2010) Pengaruh kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Negeri 2 Blitar / Zulfatun Nisak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nisak Zulfatun. 2009. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. (II) Dr. Hj. Siti Thoyibatun M.Pd .M.M. Kata Kunci Kebiasaan Belajar Motivasi Belajar dan Prestasi. Kebiasaan belajar adalah suatu cara belajar yang dilakukan siswa secara berulang-ulang dalam menyiapkan diri dalam melaksanakan kegiatan belajar di rumah dan mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dari dalam (intrinsik) maupun dari luar (ekstrinsik) dari siswa yang menimbulkan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai. Kebiasaan belajar dan motivasi belajar merupakan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Prestasi belajar adalah hasil belajar yang diperoleh siswa dalam menyerap informasi dari kegiatan belajar mengajar yang biasanya berupa angka yang diperoleh dari nilai ulangan harian nilai ujian tengah semester dan nilai rapor. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XII Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi (Explanatory) dan instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah proportional random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar yang berjumlah 113 siswa dengan sampel sebesar 57 responden sedangkan teknik analisis datanya menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kebiasaan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil analisis dari variabel kebiasaan belajar dengan hasil uji t sebesar 4 340 dengan taraf signifikasi 0 000 yang lebih kecil dari pada t sig 0 05 dan dari hasil analisis variabel motivasi belajar dengan hasil uji t sebesar 3 825 dengan taraf signifikasi sebesar 0 000 yang lebih kecil daripada t sig 0 05. Kemudian diketahui secara simultan bahwa kebiasaan belajar dan motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dengan uji F sebesar 15 735. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) bagi pihak sekolah agar fasilitas belajar di sekolah dilengkapi sesuai kemampuan sekolah sehingga siswa dapat melaksanakan kegiatan belajar dengan baik (2) guru hendaknya memberikan arahan dan dorongan kepada siswa dalam rangka meningkatkan motivasi mereka agar selalu memperbaiki kebiasaan belajar mereka serta meningkatkan cara dan mutu pengajarannya (3) siswa diharapkan mampu memperbaiki kebiasaan belajar dan meningkatkan motivasi belajar agar dapat mencapai prestasi belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34280

Actions (login required)

View Item View Item