Saputra, Novan Aji (2019) Upaya meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran kebugaran jasmani menggunakan metode bermain untuk peserta didik kelas XI MIA V di SMAN 1 Grogol Kabupaten Kediri / Novan Aji Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Saputra Novan Aji. 2019. Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik dalam Pembelajaran Kebugaran Jasmani Menggunakan Metode Bermain untuk Peserta Didik Kelas XI MIA V di SMAN 1 Grogol Kabupaten Kediri. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Usman Wahyudi S.Pd. M.Pd. (2) Fahrial Amiq S.Or. M.Pd. Kata Kunci pembelajaran pendidikan jasmani pembelajaran aktif kebugaran jasmani bermain. Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan pada hari Kamis 17 Januari 2019 pada kelas X MIA V di SMAN 1 Grogol Kecamatan Grogol Kabupaten kediri mendapatkan data bawasannya (1) pada saat pendahuluan pembelajaran dari 36 peserta didik hanya 44 44% peserta didik yang memperhatikan dan menjawab pertanyaan dari pendidik sedangkan 55 56% peserta didik pasif dan hanya diam (2) pada saat pemanasan berlangsung 4 orang peserta didik lainnya terlambat datang untuk mengikuti pembelajaran dan saat pemanasan hanya 20% dari 36 peserta didik yang mengikuti pemanasan dengan baik dan benar sisanya hanya mengikuti pembelajaran dengan pasif (3) saat bagian inti pembelajaran terdapat peserta didik yang duduk-duduk dan tiduran saat menunggu antrian pelaksanaan pembelajaran (4) peserta didik banyak yang bercanda di luar pembelajaran dengan temannya (5) terdapat juga peserta didik yang bermain dengan temannya tanpa menghiraukan pembelajaran yang berlangsung (6) terdapatnya pembangunan GOR yang mengakibatkan pembelajaran yang tidak kondusif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas XI MIA V di SMAN 1 Grogol Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri pada pembelajaran kebugaran jasmani menggunakan metode bermain. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dan setiap siklusnya terdapat 2 kali pertemuan dari 2 siklus terdapat 8 permainan yang akan dilaksanakan. Hasil penelitian pada siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan peningkatan dari pada observasi awal. Siklus 1 mendapatakan hasil (1) aktif 84 39% (sangat baik) (2) senang 85 12% (sangat baik) (3) tekun 78 08% (baik). Jika diambil rata-rata dari hasil tersebut maka mendapatkan hasil senilai 82 53%. Sedangkan pada siklus 2 mendapatkan hasil (1) aktif 84 06% (sangat baik) (2) senang 85 82% (sangat baik) (3) tekun 85 11% (sangat baik). Jika diambil rata-rata dari hasil tersebut maka mendapatkan hasil senilai 84 99%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh peningkatan keaktifan pembelajaran jika menggunakan metode bermain pada pembelajaran kebugaran jasmani di kelas XI MIA V SMAN 1 Grogol Kabupaten Kediri. Saran yang dapat di berikan ialah pembelajaran kebugaran jasmani jika menggunakan metode bermain dapat meningkatkan keaktifan pembelajaran pada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Mar 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/342783 |
Actions (login required)
View Item |