Pengaruh penggunaan bahan ajar modul terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran akuntansi kelas XI IPS di MAN Malang 1 / Endang Sunarsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan bahan ajar modul terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran akuntansi kelas XI IPS di MAN Malang 1 / Endang Sunarsih

Sunarsih, Endang (2010) Pengaruh penggunaan bahan ajar modul terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran akuntansi kelas XI IPS di MAN Malang 1 / Endang Sunarsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Endang Sunarsih. 2009. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Modul Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Akuntansi Kelas X1 IPS MAN Malang 1. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1). Drs. H. Sumadi S.E. M.M. (2). Triadi Agung Sudarto S.E. M.Si. Ak. . Kata Kunci Bahan Ajar Modul Akuntansi Prestasi Belajar Pemanfaatan bahan ajar modul merupakan salah satu alternatif dalam penyelenggaraan pengajaran individual. Pembelajaran modul mampu memberikan kemungkinan kepada siswa untuk belajar mandiri karena setiap siswa dalam kelas dilibatkan secara maksimal dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar modul lebih baik dari prestasi belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis rancangan penelitian semi eksperimen (quasi experiment) dengan model Pretest-Postest Nonequivalent Kontrol Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes prestasi. Instrumen yang digunakan berupa soal pretest dan posttest. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X1 IPS 1 dan Kelas X1 IPS 3 MAN Malang 1 semester gasal tahun pelajaran 2009/2010. Hasil penelitian ini diperoleh data bahwa rata-rata skor prestasi secara berturut-turut untuk kelas eksperimen 75.65 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 61.45. Berdasarkan rata-rata skor prestasi di atas disimpulkan bahwa prestasi belajar akuntansi siswa yang belajar dengan menggunakan bahan ajar modul lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Saran yang diajukan adalah (1). Bagi guru akuntansi dianjurkan menggunakan bahan ajar modul untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. (2). Siswa diharapkan mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatu sebelum kegiatan belajar di kelas. (3). Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian semacam ini dengan menambah aspek afektif dan psikomotorik untuk mengukur prestasi belajar siswa setelah perlakuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34278

Actions (login required)

View Item View Item