Pengaruh persepsi siswa tentang implementasi pendidikan sistem ganda dan minat memilih program keahlian akuntansi terhadap prestasi belajar mata diklat produktif siswa kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Ponorogo tahun ajaran 2009/2010 / Lilik Widayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang implementasi pendidikan sistem ganda dan minat memilih program keahlian akuntansi terhadap prestasi belajar mata diklat produktif siswa kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Ponorogo tahun ajaran 2009/2010 / Lilik Widayanti

Widayanti, Lilik (2010) Pengaruh persepsi siswa tentang implementasi pendidikan sistem ganda dan minat memilih program keahlian akuntansi terhadap prestasi belajar mata diklat produktif siswa kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Ponorogo tahun ajaran 2009/2010 / Lilik Widayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Widayanti Lilik. 2009. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Implementasi Pendidikan Sistem Ganda dan Minat Memilih Program Keahlian Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Produktif Siswa Kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Makaryanawati S.E M.Si Ak (II) Triadi Agung Sudarto S.E M.Si Ak. Kata Kunci Implementasi PSG Minat memilih program keahlian Prestasi belajar Implementasi Pendidikan Sistem Ganda dan minat memilih program keahlian akuntansi merupakan salah satu di antara faktor-faktor yang berpengaruh dalam pencapaian prestasi belajar siswa. Implementasi Pendidikan Sistem Ganda yang baik dan minat memilih program keahlian yang tinggi tentu akan meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian populasi dimana jumlah populasinya adalah siswa-siswi kelas XII program keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Ponorogo yang berjumlah 77 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksplanasi dengan tujuan untuk menguji hipotesis yaitu menguji pengaruh variabel bebas yang terdiri dari persepsi siswa tentang implementasi Pendidikan Sistem Ganda (X1) dan minat memilih program keahlian akuntansi (X2) terhadap variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y). Teknik pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa implementasi Pendidikan Sistem Ganda minat memilih program keahlian akuntansi dan prestasi belajar siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Ponorogo sudah pada tingkat kondisi yang baik. Implementasi Pendidikan Sistem Ganda dan minat memilih program keahlian akuntansi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 66 2% dan sisanya sebesar 33 8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai ttabel 1 993 nilai thitung X1 6 560 dan thitung X2 6 226 dengan probabilitas 0 000 0 05 (pada taraf signifikansi 5%). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara implementasi Pendidikan Sistem Ganda dan minat memilih program keahlian akuntansi terhadap prestasi belajar siswa. Dari uraian di atas saran-saran yang diberikan antara lain a) Bagi pihak sekolah diharapkan untuk meningkatkan mutu implementasi Pendidikan Sistem Ganda yang dilaksanakan dalam rangka praktek industri sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan lebih optimal. Penempatan dunia usaha atau dunia industri perlu lebih disesuaikan dengan program keahlian yang dimiliki siswa sehingga siswa dapat benar-benar menerapkan ilmu yang diterima di sekolah ke dalam dunia usaha di lingkungan praktek Pendidikan Sistem Ganda. b) bagi peneliti berikutnya diharapkan dapat mengembangkan komponenkomponen lainnya yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Serta dapat memperbaharui dan menambah variabel penelitian yang sebelumya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34274

Actions (login required)

View Item View Item