Implementasi pembelajaran strategi reciprocal teaching dalam model jigsaw pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (studi pada kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kertosono) / Ulfatul Zarok - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran strategi reciprocal teaching dalam model jigsaw pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (studi pada kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kertosono) / Ulfatul Zarok

Zarok, Ulfatul (2010) Implementasi pembelajaran strategi reciprocal teaching dalam model jigsaw pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (studi pada kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kertosono) / Ulfatul Zarok. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zarok Ulfatul. 2010. Implementasi Pembelajaran Strategi Reciprocal Teaching dalam Model Jigsaw pada Mata Pelajaran Akuntansi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kertosono. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakulats Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Yuli Widi Astuti S.E. M.Si. Ak (2) Drs. H. Sumadi M.M Kata Kunci Strategi Reciprocal Teaching Model Jigsaw Prestasi Belajar Siswa Berdasarkan hasil observasi peneliti di Kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kertosono dalam proses pembelajaran Akuntansi di kelas siswa kurang memperhatikan ketika guru menjelaskan di depan kelas dan tidak berusaha merangkum apa yang disampaikan oleh guru. Dimana merangkum merupakan salah satu alat yang dapat dijadikan siswa sebagai pengingat terutama pada materi yang banyak teorinya. Oleh sebab itu perlu adanya modivikasi dalam penggunaan metode pembelajaran dimana pembelajarn tersebut harus dapat mengubah kebiasaan siswa tersebut. Pembelajaran yang dapat memberikan peran siswa dapat dilakukan dengan beberapa pendekatan salah satunya pembelajaran reciprocal teaching. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Meningkatkan Keaktivan siswa melalui implementasi pembelajaran Strategi reciprocal teaching dalam model jigsaw pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kertosono (2) Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui implementasi pembelajaran strategi reciprocal teaching dalam model jigsaw pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kertosono. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kertosono. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Menggunakan dua instrumen yaitu (1) Lembar test (2) Lembar Pedoman wawancara menggunakan lima cara dalam pengumulan data yaitu (1) Observasi (2) Wawancara (3) Catatan Lapangan (4) Tes (5) Dokumentasi. Analisi data dalam penelitian ini menggunkan tiga cara yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan data. Pada pre test rata-rata hasil belajar siswa adalah 32 125 sedangkan pada post test siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 79 75 mengalami peningkatan sebesar 148%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa yaitu 89 25 meningkat sebesar 12 5% dari siklus I. Saran yang diberikan adalah bagi guru mata pelajaran Akuntansi SMA N 1 Kertosono dianjurkan menggunakan pembelajaran strategi reciprocal teaching dalam model jigsaw terutama pada materi yang terdapat banyak teorinya. Sebelum melaksanakan pembelajaran pada kegiatan awal hendaknya guru menjelaskan strategi yang akan digunakan sejelas mungkin agar hambatan yang dialami peneliti tidak terjadi kembali sehingga kegitan pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34273

Actions (login required)

View Item View Item