Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode two stay two stray (TS-TS) untuk meningkatkan kemampuan bertanya, kemampuan menjawab, dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI Ak 1 di SMK Negeri 1 Turen / Subrotun Nafsiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode two stay two stray (TS-TS) untuk meningkatkan kemampuan bertanya, kemampuan menjawab, dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI Ak 1 di SMK Negeri 1 Turen / Subrotun Nafsiah

Nafsiah, Subrotun (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode two stay two stray (TS-TS) untuk meningkatkan kemampuan bertanya, kemampuan menjawab, dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI Ak 1 di SMK Negeri 1 Turen / Subrotun Nafsiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nafsiah Subrotun. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Two Stay Two Stray (TS-TS) untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Kemampuan Menjawab Pertanyaan dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI Ak 1 di SMK Negeri 1 Turen. Skripsi. Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tuhardjo. S.E. M.Si. Ak (II) Makaryanawati.S.E. M.Si. Ak Kata kunci Metode Two Stay Two Stray (TS-TS) Kemampuan bertanya Kemampuan menjawab pertanyaan dan Hasil belajar Kegiatan pembelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Turen masih menggunakan metode konvensional. Kemampuan bertanya menjawab dan hasil belajarnyapun rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah melalui penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode Two Stay Two Stray (TS-TS) diharapkan dapat meningkatkan kemampuan bertanya kemampuan menjawab dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI Ak 1 SMK Negeri 1 Turen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Turen semester 1 tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan materi persediaan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ak 1 terdiri dari 38 siswa. Teknik Pengumpulan data yaitu wawancara observasi tes angket catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan persentase skor hasil kemampuan bertanya kemampuan menjawab pertanyaan dan hasil belajar tiap-tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode Two Stay Two Stray (TS-TS) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bertanya menjawab pertanyaan dan hasil belajar siswa. Persentase skor rata-rata kemampuan bertanya siswa meningkat sebesar 10 47% dari 71 6% pada siklus I menjadi 82 07% pada siklus II sedangkan persentase skor rata-rata kemampuan menjawab pertanyaan siswa mengalami peningkatan sebesar 5 36% dari 78 75% pada siklus I menjadi 84 11%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan persentase rata-rata nilai siswa meningkat dari 81 58% pada siklus I pada siklus II menjadi 89 39% atau meningkat sebesar 7 81%. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat dikemukakan antara lain (1) Bagi Sekolah yang diteliti Pembelajaran kooperatif dengan metode Two Stay Two Stray (TS-TS) dapat menjadi alternatif pertimbangan dalam upaya perbaikan strategi pembelajaran yang ada di SMK Negeri 1 Turen (2)Bagi guru mata pelajaran akuntansi metode Two Stay Two Stray (TS-TS) dapat menjadi pilihan variasi metode pembelajaran untuk diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar (3) Bagi siswa tingkatkan kemampuan bertanya menjawab pertanyaan dan persiapkan diri sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung (4) Bagi peneliti lain Lakukan penelitian serupa secara bertahap dan perhitungkan alokasi waktu yang disediakan kembangkan penelitian serupa dengan subjek dan materi yang berbeda serta selain meneliti hasil belajar secara kognitif teliti juga hasil belajar secara afektif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34270

Actions (login required)

View Item View Item