Hardiyanti, Eka (2010) Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI program keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Malang / Eka Hardiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hardiyanti Eka . 2010. Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Malang . Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonmi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sri Pujiningsih S.E M.Si.AK (II) Triadi Agung .S S.E M. Si AK Kata Kunci Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Prestasi Belajar Dari pengamatan peneliti dan data empiris yang telah dikumpulkan sementara menunjukkan indikasi bahwa siswa kurang aktif selama proses pembelajaran dan keberhasilan siswa dalam kegiatan belajar masih kurang memuaskan. Hal ini ditunjukkan dengan masih banyak siswa yang tidak memenuhi standar kelulusan dalam ulangan harian dan harus melakukan pelaksanaan remidial.Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi adanya faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Jenis penelitian kuantitatif eksplanasi dan dengan rancangan penelitian korelasional. Sampel penelitian menggunakan sampling porpusive yaitu seluruh siswa kelas XI program keahlian akuntansi tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Malang pada tanggal 19 Oktober 2009. Untuk analisis data penelitian yang digunakan adalah analisis statistik Deskriptif dan analisis Statistik Inferensial dengan analisis regresi berganda dan uji hipotesis . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI program keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Malang. ditunjukkan dengan hasil bahwa Prestasi belajar siklus akuntansi (Y) rata-rata naik sebesar 0 044 X1 untuk peningkatan satu skor faktor minat (X1). Prestasi belajar siklus akuntansi (Y) rata-rata naik sebesar 0 046X2 untuk peningkatan satu skor faktor motivasi (X2). Prestasi belajar siklus akuntansi (Y) rata-rata naik sebesar 0 056X3 untuk peningkatan satu skor faktor bakat (X3). Prestasi belajar siklus akuntansi (Y) rata-rata naik sebesar 0 025X4 untuk peningkatan satu skor faktor kesehatan jasmani (X4). Prestasi belajar siklus akuntansi (Y) rata-rata naik sebesar 0 039X5 untuk peningkatan satu skor faktor Kebiasaan Belajar (X5). Prestasi belajar siklus akuntansi (Y) rata-rata naik sebesar 0 034X6untuk peningkatan satu skor faktor Aktivitas Belajar (X6). Prestasi belajar siklus akuntansi (Y) rata-rata naik sebesar 0 033X7 untuk peningkatan satu skor faktor Lingkungan Keluarga (X7). Prestasi belajar siklus akuntansi (Y) rata-rata naik sebesar 0 065X8 untuk peningkatan satu skor faktor Lingkungan Sekolah (X8). P restasi belajar siklus akuntansi (Y) rata-rata naik sebesar 0 039(X9 )untuk peningkatan satu skor faktor Lingkungan Masyarakat (X9). Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan baik peneliti siswa-siswi dan guru sebaiknya mengoptimalkan baik faktor internal dan faktor sksternal agar tercapainya prestasi belajar yang maksimal dan optimal. Faktor internal tetap diperlukan dalam memilih sekolah menengah. Untuk itu kita perlu tahu tentang diri siswa tersebut. Kita coba untuk menggali hal-hal yang diinginkan siswa tersebut agar orang tua maupun orang lain (sebagai faktor eksternal) dapat benar-benar mengarahkan dan bukan memberikan suatu pendapat atau argumen yang nantinya akan memberikan kesan pemaksaan terhadap siswa tersebut sehingga siswa merasa nyaman termotivasi memiliki minat dan bakat kebiasaan dan aktivitaas belajar yang baik dalam pelaksanaan proses belajar dan prestasinya pun akhirnya dapat diperoleh dengan maksimal. iv
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34269 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |