Pengaruh pola asuh orang tua dan persepsi siswa tentang kondisi fisik sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMAN 3 Bojonegoro / Ambhika Mustika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pola asuh orang tua dan persepsi siswa tentang kondisi fisik sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMAN 3 Bojonegoro / Ambhika Mustika Sari

Sari, Ambhika Mustika (2010) Pengaruh pola asuh orang tua dan persepsi siswa tentang kondisi fisik sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMAN 3 Bojonegoro / Ambhika Mustika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Ambhika Mustika. 2010. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Persepsi Siswa Tentang Kondisi Fisik Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMAN 3 Bojonegoro. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Diana Tien Irafahmi S. Pd M.Ed (II) Makaryanawati SE M.Si Ak Kata kunci Pola Asuh Orang Tua Persepsi Kondisi Fisik Sekolah Prestasi Belajar Istilah prestasi digunakan untuk menunjukkan mengenai pencapaian suatu tingkat keberhasilan dari suatu usaha yang telah dilakukan. Prestasi belajar dipengaruhi oleh banyak faktor beberapa diantaranya adalah pola asuh orang tua dan kondisi sekolah. Pola asuh orang tua berarti cara orang tua dalam mendidik dan mengerahkan anak di dalam kehidupan sehari-hari. Pola asuh orang tua dapat dibagi menjadi tiga tipe yaitu pola asuh permisif otoriter autoritatif. Persepsi adalah suatu proses individu dalam penginderaan yang mengarah kepada pemberian makna terhadap lingkungannya. Dalam hal ini kondisi fisik sekolah yang meliputi sarana dan prasarana merupakan objek yang dipersepsi oleh siswa khususnya siswa kelas XII IPS SMAN 3 Bojonegoro. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMAN 3 Bojonegoro. (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang kondisi fisik sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMAN 3 Bojonegoro. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua dan persepsi siswa tentang kondisi fisik sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMAN 3 Bojonegoro. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda (uji t dan uji F) dengan tingkat signifikansi 5%. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMAN 3 Bojonegoro tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 140. Dengan sampel sebesar 49 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah proportional random sampling. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah kuesioner atau angket dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan terdapat pengaruh secara signifikan antara pola asuh orang tua dan persepsi siswa tentang kondisi fisik sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMAN 3 Bojonegoro. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig t alpha pada taraf kepercayaan 95% (0 05) dan Sig F 0 05 sehingga Ha diterima atau Ho ditolak. Berhubung R Square adalah sebesar 53 2% ini berarti bahwa sisanya 46 8% dipengaruhi oleh variabel diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini maka disarankan untuk peneliti selanjutnya hendaknya lebih bisa mencari variabel-variabel lain diluar variabel penelitian ini yang berkaitan dengan prestasi belajar. Sehingga penelitian yang selanjutnya akan bisa lebih dikembangkan lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34268

Actions (login required)

View Item View Item