Pengaruh kesesuaian tempat PSG, minat, dan motivasi siswa terhadap keberhasilan pelaksanaan PSG siswa kelas XII Akuntansi SMK Shalahuddin 1 Malang / Dian Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kesesuaian tempat PSG, minat, dan motivasi siswa terhadap keberhasilan pelaksanaan PSG siswa kelas XII Akuntansi SMK Shalahuddin 1 Malang / Dian Safitri

Safitri, Dian (2010) Pengaruh kesesuaian tempat PSG, minat, dan motivasi siswa terhadap keberhasilan pelaksanaan PSG siswa kelas XII Akuntansi SMK Shalahuddin 1 Malang / Dian Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Safitri Dian. 2009. Pengaruh Kesesuaian Tempat PSG Minat dan Motivasi Siswa Terhadap Keberhasilan Pelaksanaan PSG Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Shalahuddin 1 Malang. Skripsi Jurusan Akuntasi Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Dr. Nurika Restuningdiah S.E Ak M.Si 2) Drs. H. Sumadi S.E M.M. Kata kunci kesesuaian tempat PSG minat motivasi siswa dan keberhasilan pelaksanaan PSG. PSG adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan kehlian profesional yang memadukan secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung didunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. Keberhasilan pelaksanaan PSG berhubungan erat dengan kesesuaian penempatan siswa dalam jurusan atau program kehliannya yang tidak terlepas dari peran instansi atau DU/DI. Selain itu minat dan motivasi siswa untuk melaksanakan PSG juga memiliki peran penting dalam menentukan berhasil tidaknya tujuan PSG dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesesuaian tempat PSG minat dan motivasi siswa baik secara parsial maupun simultan terhadap keberhasilan pelaksanaan PSG. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi (explanatory research) dengan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Shalahuddin 1 Malang Jurusan Akuntansi sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling . Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Sedangkan untuk uji validitas menggunakan Pearson Product Moment uji reliabilitas digunakan Alpha Cronbach dan teknik analisis datanya menggunakan regresi berganda untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari variabel-variabel dalam penelitian ini. Dari hasil analisis data diketahui bahwa (1) kesesuaian tempat PSG memiliki pengaruh signifikan terhadap keberhasilan pelaksanaan PSG (2) minat siswa memiliki pengaruh signifikan terhadap keberhasilan pelaksanaan PSG (3) motivasi siswa dalam melaksanakan PSG memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan pelaksanaan PSG (4) kesesuaian tempat PGS minat dan motivasi siswa memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap keberhasilan pelaksaan PSG. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kesesuaian tempat PSG minat dan motivasi siswa baik secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap keberhasilan pelaksanaan PSG siswa kelas XII Akuntansi SMK Shalahuddin 1 Malang. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) sekolah dalam hal ini SMK Shalahuddin 1 Malang dan intansi pasangan (DU/DI) diharapkan bekerja sama meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan sebagai bekal untuk terjun ke dunia kerja. 2) bagi peneliti selanjutnya diharapkan menambah variabel-variabel lain misalnya kesiapan siswa melaksanakan PSG penguasaan mata pelajaran/ diklat penilaian di DU/DI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34267

Actions (login required)

View Item View Item