Penerapan pola pemberdayaan berfikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan metode think pair share (TPS) untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi kelas X AK 1 di SMK Negeri 2 Blitar / Bayu Mukaromah A. - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pola pemberdayaan berfikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan metode think pair share (TPS) untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi kelas X AK 1 di SMK Negeri 2 Blitar / Bayu Mukaromah A.

Mukaromah A., Bayu (2010) Penerapan pola pemberdayaan berfikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan metode think pair share (TPS) untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi kelas X AK 1 di SMK Negeri 2 Blitar / Bayu Mukaromah A. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mukaromah A Bayu. 2009. Penerapan Pola Pemberdayaan Berfikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dengan Metode Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Kelas X Ak 1 Di SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Triadi Agung S. S.E. M.Si. Ak. Pembimbing (2) Drs. H. Sumadi S.E. M.M. Ak. Kata Kunci Pola Pemberdayaan Berfikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Metode Think Pair Share (TPS) Prestasi Belajar. Metode pembelajaran yang diterapkan di SMK Negeri 2 Blitar adalah metode konvensional dimana guru lebih mendominasi kegiatan pembelajaran sehingga siswa cenderung pasif dan pemberian tugas kepada siswa tidak terstruktur. Hal ini mengakibatkan prestasi belajar siswa kurang maksimal. Salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan guru dalam upaya meningkatkan prestasil belajar siswa adalah pola Pemberdayaan Berfikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dengan metode Think Pair Share (TPS). Metode ini diawalai dengan pembagian LS PBMP kepada siswa beberapa hari sebelum pelaksanaan pembelajaran dilanjutkan dengan siswa berfikir sendiri(think) kemudian berdiskusi secara berpasangan untuk saling membantu satu sama lain (pair) dan diakhiri dengan berbagi jawaban dalam satu kelas (share).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan pola PBMP dengan metode TPS dalam meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa kelas X Ak 1 SMK Negeri 2 Blitar Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilakukan dalam dua siklus yaitu selama bulan September-Oktober 2009. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah observasi dokumentasi wawancara tes tertulis rubrik penilaian dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari tahap reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar aspek kognitif dari sebelum tindakan 72 5% menjadi 85% pada siklus I dan 92 55 pada siklus II. Aspek afektif dan aspek psikomotorik sebelum pelaksanaan tindakan tidak dinilai. Setelah pelaksanaan tindakan aspek afektif siswa meningkat dari 82 5% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Aspek psikomotorik pada siklus I 77 5% manjadi 87 5% pada siklus II. Dalam penerapan pola PBMP dengan metode TPS disarankan agar guru meningkatkan kegiatannya untuk mengamati dan membimbing siswa pada tahap pair dan memberikan bimbingan kepada siswa yang memiliki kemampuan berbeda dengan siswa yang lain dengan membentuk kelompok khusus untuk diberikan penjelasan secara intensif. Untuk peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang pola PBMP dengan metode TPS pada materi yang lain ditempat yang berbeda dan subyek penelitian diperluas tidak hanya menggunakan satu kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34266

Actions (login required)

View Item View Item