Penerapan metode pembelajaran kolaborasi think pair share-talking stick untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X AK 3 SMK Negeri 2 Blitar / Noviana Tria Vamela - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kolaborasi think pair share-talking stick untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X AK 3 SMK Negeri 2 Blitar / Noviana Tria Vamela

Vamela, Noviana Tria (2010) Penerapan metode pembelajaran kolaborasi think pair share-talking stick untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X AK 3 SMK Negeri 2 Blitar / Noviana Tria Vamela. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tria Vamela Noviana. 2009. Penerapan Metode Pembelajaran Kolaborasi Think Pair Share-Talking Stick Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi di Kelas X Ak 3 SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Yuli Widi Astuti S.E. M.Si. Ak. Pembimbing (2) Dr. Dyah Aju Wardhani M.Si. Ak Kata Kunci Metode Pembelajaran Kolaborasi Think Pair Share-Talking Stick Prestasi Belajar Masalah yang sering dijumpai dalam proses belajar mengajar adalah siswa yang masih bersikap pasif dalam menerima pelajaran dan cenderung kurang berani dalam mengemukakan ide serta presentasi di depan kelas. Hal ini mengakibatkan prestasi belajar siswa menjadi kurang optimal. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang bisa digunakan guru dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa adalah metode pembelajaran kolaborasi Think Pair Share-Talking Stick. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan metode pembelajaran kolaborasi Think Pair Share-Talking Stick dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X Ak 3 SMK Negeri 2 Blitar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ak 3 SMK Negeri 2 Blitar. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah soal tes rubrik penilaian lembar observasi pedoman wawancara dan catatan lapangan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa penerapan metode pembelajaran kolaborasi Think Pair Share-Talking Stick dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Siklus I pada aspek kognitif yaitu 85% siswa sudah tuntas belajar aspek afektif yaitu 60% siswa sudah tuntas belajar dan aspek psikomotorik yaitu 55% siswa sudah tuntas belajar. Sedangkan prestasi belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan dari aspek kognitif yaitu 100% siswa tuntas belajar aspek afektif yaitu 100% siswa sudah tuntas belajar dan aspek psikomotorik yaitu 100% siswa tuntas belajar. Saran yang diajukan adalah (1) Guru yang akan menerapkan metode pembelajaran ini harus mempunyai persiapan yang baik. (2) Guru yang ingin menerapkan metode ini hendaknya memperhatikan alokasi waktu aktivitas siswa tahapan-tahapan dalam pembelajaran dan standar kompetensi yang sesuai. (3) Siswa diharapkan mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatunya sebelum pelaksanaan kegiatan belajar di kelas. (4) Bagi sekolah hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam upaya memperbaiki penerapan strategi pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34265

Actions (login required)

View Item View Item