Pengaruh tingkat pendidikan dan motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang / Zainur Rohmat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tingkat pendidikan dan motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang / Zainur Rohmat

Rohmat, Zainur (2010) Pengaruh tingkat pendidikan dan motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang / Zainur Rohmat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohmat Zainur. 2009. Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Helianti Utami M.Si. Ak (II) Dr. Dyah Ayu Wardhani M.Si. Ak Kata Kunci Tingkat Pendidikan Motivasi Kerja Guru Prestasi Belajar Siswa Tingkat pendidikan dan motivasi kerja guru merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dibutuhkan tingkat pendidikan dan motivasi kerja yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan tingkat pendidikan dan motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah tingkat pendidikan formal guru motivasi kerja guru dan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisa data mengunakan regresi berganda. Guru yang mengajar di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang berjumlah 33 orang dengan tingkat pendidikan S1 (Sarjana) 18 orang dan S2 (Magister) 15 orang dan motivasi kerja guru dengan kategori sangat tinggi sebanyak 17 orang (52%) tinggi sebanyak 16 orang (48%) cukup sebanyak 0 orang (0%) rendah sebanyak 0 orang (0%) sangat rendah sebanyak 0 orang (0%). Prestasi belajar siswa dengan kategori sangat tinggi sebanyak 4 orang (12%) tinggi sebanyak 29 orang (88%) cukup sebanyak 0 orang (0%) rendah sebanyak 0 orang (0%) sangat rendah sebanyak 0 orang (0%). Tingkat pendidikan guru diukur dari ijazah formal trakhir guru untuk motivasi kerja diukur dari motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Prestasi belajar siswa diukur dari nilai ujian semester ganjil 2008/2009. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat pendidikan dan motivasi kerja guru berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dinas pendidikan selaku pengelola pendidikan di negara Indonesia mau memberikan beasiswa kepada semua guru agar dapat melanjutkan ketingkat pendidikan yang lebih tinggi dan disarankan kepada guru agar meningkatkan motivasi kerja mereka sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34260

Actions (login required)

View Item View Item