Pengaruh persepsi guru akuntansi tentang program sertifikasi terhadap pengembangan kemampuan profesional guru akuntansi SMA/SMK se-kota Jombang / Emy Milchatus Sarifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi guru akuntansi tentang program sertifikasi terhadap pengembangan kemampuan profesional guru akuntansi SMA/SMK se-kota Jombang / Emy Milchatus Sarifah

Sarifah, Emy Milchatus (2010) Pengaruh persepsi guru akuntansi tentang program sertifikasi terhadap pengembangan kemampuan profesional guru akuntansi SMA/SMK se-kota Jombang / Emy Milchatus Sarifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci persepsi guru sertifikasi guru pengembangan kemampuan profesional guru Globalisasi yang sedang kita hadapi bersama dapat dipastikan akan melanda seluruh aspek kehidupan kita. Dampak globalisasi yang antara lain membawa persaingan yang semakin ketat perlu mendapat perhatian yang lebih besar lagi oleh dunia pendidikan. Berkaitan dengan hal tersebut dunia pendidikan dituntut berubah sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan ditantang untuk menjawab berbagai permasalahan lokal dan perubahan global yang terjadi begitu pesat. Pendidikan harus mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas dan profesional untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukan tenaga pendidik yang profesional. Upaya yang dilakukan pemerintah untuk menciptakan tenaga pendidik yang profesional adalah dengan memberlakukan Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (UUGD) yaitu pemberian sertifikat pendidik kepada guru melalui program sertifikasi. Adanya program sertifikasi yang dikhususkan bagi pendidik akan memunculkan berbagai macam persepsi khususnya bagi para guru. Hal tersebut dikarenakan program sertifikasi merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas guru dan untuk mengembangkan kemampuan profesional guru yang diharapkan akan mampu meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti membahas tentang bagaimana pengaruh persepsi guru akuntansi tentang program sertifikasi terhadap pengembangan kemampuan profesional guru akuntansi SMA/ SMK. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanasi (explanatory research). Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Variabel dalam penelitian ini meliputi persepsi guru akuntansi tentang program sertifikasi (X) sebagai variabel bebas dan pengembangan kemampuan profesional guru akuntansi (Y) sebagai variabel terikatnya. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang respondennya terdiri dari 30 orang guru akuntansi dan ekonomi di SMA/ SMK Se-Kota Jombang. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket (kuesioner). Dari hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar guru akuntansi di SMA/ SMK di Kota Jombang mempunyai persepsi positif tentang program sertifikasi yang dapat dilihat dari hasil perhitungan deskriptif frekuensi yaitu sebesar 50% guru menyatakan setuju dengan adanya penyelenggaraan program sertifikasi. Sedangkan untuk pengembangan kemampuan profesional guru akuntansi berdasarkan hasil perhitungan statistik deskriptif berada pada kualifikasi tinggi yaitu sebesar 76.67% guru menyatakan selalu berupaya mengembangkan kemampuan profesionalnya. Persepsi guru akuntansi tentang program sertifikasi berpengaruh positif terhadap pengembangan kemampuan profesional guru akuntansi di SMA/ SMk Se-Kota Jombang. Hal ini dapat dilihat berdasarkan persamaan regresi sebagai berikut Y 141.510 0.143X. dari persamaan regresi tersebut diketahui bahwa bila tingkat persepsi guru tentang program sertifikasi (X) naik satu satuan maka pengembangan kemampuan profesional guru akuntansi (Y) juga naik sebesar 0.143. Selain itu nilai R2 sebesar 0.570 menunjukkan bahwa variabel pengembangan kemampuan profesional guru dipengaruhi oleh persepsi guru sebesar 57% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor yang mempengaruhi pengembangan kemampuan profesional guru tersebut dapat berasal dari lingkungan sekolah sesama guru kepala sekolah siswa bahkan peraturan pemerintah yang lain. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diberikan mengacu pada hasil temuan yang menyatakan bahwa persepsi guru akuntansi tentang program sertifikasi berpengaruh positif terhadap pengembangan kemampuan profesional guru akuntansi di SMA/ SMK Se-Kota Jombang adalah hendaknya semua guru tetap menjaga dan terus mengembangkan kemampuan profesionalnya guna terciptanya mutu pendidikan misalnya dengan cara melakukan penyegaran keilmuan dengan mengikuti lokakarya kursus workshop dan seminar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34257

Actions (login required)

View Item View Item