Penerapan pembelajaran kontekstual dengan masyarakat belajar atau learning community dalam upaya meningkatkan motivasi belajar akuntansi keuangan (studi kasus pada siswa kelas X AK A SMK Shalahuddin Malang semester ganjil tahun ajaran 2008/2009) / Wika Paristri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual dengan masyarakat belajar atau learning community dalam upaya meningkatkan motivasi belajar akuntansi keuangan (studi kasus pada siswa kelas X AK A SMK Shalahuddin Malang semester ganjil tahun ajaran 2008/2009) / Wika Paristri

Paristri, Wika (2010) Penerapan pembelajaran kontekstual dengan masyarakat belajar atau learning community dalam upaya meningkatkan motivasi belajar akuntansi keuangan (studi kasus pada siswa kelas X AK A SMK Shalahuddin Malang semester ganjil tahun ajaran 2008/2009) / Wika Paristri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Paristri Wika. 2009. Penerapan Pembelajaran Kontekstual dengan Masyarakat Belajar atau Learning Community Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Keuangan (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X AK A SMK Shalahuddin Malang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sawitri Dwi Prastiti S.E M.Si Ak. (II) Makaryanawati S.E.Ak M.Si Kata Kunci Pembelajaran Kontekstual Masyarakat Belajar Motivasi Belajar Seorang guru memiliki peranan penting dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memilih model pembelajaran yang tepat dan mampu menghidupkan suasana kelas menjadi lebih aktif dan efektif. Model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran selain mempengaruhi motivasi belajar juga akan mempengaruhi keberhasilan siswa dalam menguasai suatu kompetensi. Cara yang dianggap tepat dan efektif dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa adalah melalui pembelajaran kontekstual dengan model mayarakat belajar (learning community) yang mana model pembelajaran ini memberikan kesempatan pada siswa untuk aktif dan saling membantu dalam memahami materi yang diberikan. Sehingga penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan pembelajaran kontekstual dengan model masyarakat belajar (learning community) dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa SMK Shalahuddin Malang. Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran yang baru diterapkan pada mata diklat Akuntansi Keuangan adalah ketidaktertarikan siswa dalam belajar akibat pelaksanaan pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional. Metode ini membuat siswa malas belajar sehingga kelas terlihat sangat pasif dan mempangaruhi pemahaman serta pengetahuan yang diperoleh siswa sehingga hasil belajar kurang optimal. Berdasarkan kendala tersebut dapat diketahui bahwa siswa kelas X AK A SMK Shalahuddin Malang kurang termotivasi dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual dengan model (learning community) yang diterapkan pada siswa secara umun telah dilaksanakan dengan baik respon siswa dalam pembelajaran juga sangat positif dan hasil belajar siswa pada mata diklst Akuntansi Keuangan menunjukkan peningkatan walaupun terdapat sedikit hambatan yaitu rasa percaya diri yang rendah siswa dalam mengemukakan pendapat secara lisan. Mengatasi hal ini peneliti memberikan dorongan dan memotivasi siswa agar berani mengemukakan pendapat secara lisan. Hasil belajar siswa dapat diketahui dari hasil belajar diskusi menggunakan model learning community atau masyarakat belajar yang mana hasil dari belajar diskusi antara siklus I dan siklus II terjadi peningkatan dimana pada siklus II terdapat 75% dari kelompok yang mampu memperoleh nilai sesuai dengan yang telah menjadi standar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34254

Actions (login required)

View Item View Item