Penerapan discovery learning pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa akuntansi keuangan (studi kasus pada siswa kelas X AK SMK Shalahuddin Malang) / Titin Oktaviani Pamungkas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan discovery learning pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa akuntansi keuangan (studi kasus pada siswa kelas X AK SMK Shalahuddin Malang) / Titin Oktaviani Pamungkas

Pamungkas, Titin Oktaviani (2010) Penerapan discovery learning pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa akuntansi keuangan (studi kasus pada siswa kelas X AK SMK Shalahuddin Malang) / Titin Oktaviani Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pamungkas Titin Oktaviani. 2009. Penerapan Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Akuntansi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Akuntansi Keuangan (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Akuntansi Keuangan SMK Shalahuddin Malang). Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Puji Handayati S.E. M.M. Ak. (II) Triadi Agung Sudarto S.E M.Si Ak. Kata Kunci Discovery Learning Motivasi Belajar Prestasi Belajar Metode pembelajaran yang diterapkan di SMK Shalahuddin adalah metode konvensional dimana guru lebih mendominasi kegiatan pembelajaran sehingga siswa cenderung pasif dan siswa kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran selain itu kurang melibatkan aktifitas siswa secara langsung dankurang menghasilkan persepsi minat dan sikap siswa.hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa kurang memuaskan. Salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa adalah metode pembelajaran kooperatif model Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan Metode Penelitian Deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Rancangan penelitian disusun dalam satuan siklus yangmeliputi (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Observasi dan (4) Refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Shalahuddin Malang dengan subyek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X Ak Tahun Ajaran 2008/2009 dengan jumlah peserta didik sebanyak 1 siswa laki-laki dan 31 siswi perempuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara test catatan lapangan dan dokumentasi. Tehnik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I motivasi belajar siswa sebesar 47% dengan kategori kurang dan mengalami peningkatkan menjadi sebesar 96% dengan kategori baik pada siklus II. Sedangkan pada prestasi belajar juga mengalami peningkatkan sebelum diberikan tindakan skor rata-rata hasil belajar sebesar 51 87% dengan ketuntasan belajar 74 56% pada siklus II meningkat lagi dengan skor rata-rata 81 28% dengan ketuntasan belajar sebesar 93 53%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Kooperatif dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata diklat laporan Keuangan Perusahaan Dagang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34253

Actions (login required)

View Item View Item