Persepsi siswa tentang guru PPL dan motivasi belajar siswa serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Malang / Duwi Mariyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa tentang guru PPL dan motivasi belajar siswa serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Malang / Duwi Mariyah

Mariyah, Duwi (2010) Persepsi siswa tentang guru PPL dan motivasi belajar siswa serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Malang / Duwi Mariyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mariyah Duwi. 2009. Persepsi Siswa tentang Guru PPL dan Motivasi Belajar Siswa serta Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Keahlian S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Helianti Utami S.E. M.Si. Ak (II) Drs. Sumadi S.E. M.M. Kata kunci persepsi siswa motivasi belajar siswa prestasi belajar siswa Pendidikan dapat diarahkan sebagai tahapan-tahapan kegiatan mengubah sikap dan perilaku seseorang untuk mencapai prestasi yang maksimal. Dalam kegiatan belajar banyak faktor yang mempengaruhi diantaranya persepsi siswa tentang guru PPL dan motivasi belajar siswa yang berdampak pada hasil prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi siswa tentang guru PPL terhadap motivasi belajar siswa (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa dan (3) pengaruh persepsi siswa tentang guru PPL terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar siswa program keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi dengan data yang diperoleh dari menyebarkan angket tertutup yang menggunakan skala likert. Populasi penelitian adalah siswa program keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Malang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dan sampel porposional dengan jumlah sampel sebanyak 66 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan bantuan SPSS 15.00 For Windows. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) terdapat pengaruh persepsi siswa tentang guru PPL terhadap motivasi belajar siswa (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa (3) terdapat pengaruh tidak langsung persepsi siswa tentang guru PPL terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar siswa program keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Malang. Semakin baik persepsi siswa tentang guru PPL dan semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin besar pula pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. Adapun saran yang dapat diberikan diantaranya (1) mahasiswa PPL hendaknya selalu meningkatkan kemampuan mengajar memperhatikan sikap dan penampilan agar siswa memiliki persepsi yang positif sehingga motivasi belajar meningkat (2) siswa diharapkan untuk selalu meningkatkan motivasi belajar karena motivasi belajar yang tinggi merupakan salah satu faktor yang penting untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (3) bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menambah variabel yang akan diteliti karena masih banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa seperti kebiasaan belajar fasilitas belajar dan sebagainya serta memperluas jumlah sampel yang akan diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34252

Actions (login required)

View Item View Item