Kesiapan sumber daya manusia dalam implementasi standar pelayanan publik di Dinas Pendidikan kota Batu / Vininda Sasiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesiapan sumber daya manusia dalam implementasi standar pelayanan publik di Dinas Pendidikan kota Batu / Vininda Sasiani

Sasiani, Vininda (2011) Kesiapan sumber daya manusia dalam implementasi standar pelayanan publik di Dinas Pendidikan kota Batu / Vininda Sasiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kesiapan standar pelayanan publik sumber daya manusia. Standar pelayanan menurut Lembaga Administrasi Negara (2003) adalah suatu tolok ukur yang dipergunakan untuk acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai komitmen atau janji dari pihak penyedia pelayanan kepada pelanggan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. Pelayanan Publik merupakan wujud dari penerapan Total Quality Management (TQM). TQM merupakan suatu usaha pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus menerus antara produk jasa tenaga kerja proses dan lingkungannya (Nasution 2001 29). Kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dapat diukur melalui faktor kinerja atau produktivitas dari SDM tersebut. Karena jika faktor kinerja atau produktivitas telah dimiliki maka SDM dianggap berkompeten dalam pelaksanaan kebijakan. Menurut Gomes (2003 160) produktivitas sangat dipengaruhi oleh faktor knowledge skills abilities attitudes behaviours. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yaitu mendeskripsikan kesiapan sumber daya manusia dalam mengimplementasaikan standar pelayanan publik di Dinas Pendidikan Kota Batu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/ angket. Sampel dalam penelitian ini yaitu pegawai Dinas Pendidikan Kota Batu sebanyak 93 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis data pada kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif . Dari penelitian ini diketahui beberapa data antara lain (1) sebanyak 1 orang (1 1%) sangat belum siap untuk mengimplementasikan Standar Pelayanan Publik di Dinas Pendidikan Kota Batu 3 orang (3 2%) belum siap 16 orang (17 2%) cukup siap 16 orang (17 2%) siap 37 orang (39 8%) sangat siap dan 20 orang (21 5%) sangat siap sekali (2) tingkat kesiapan pengetahuan adalah 3 orang (3 3%) di antaranya belum memahami tentang Standar Pelayanan Publik di Dinas Pendidikan Kota Batu 7 orang (7 5%) sudah memahami sedangkan 83 orang (89 2%) sangat memahami tentang standar pelayanan publik (3) tingkat kesiapan keahlian adalah 16 orang (17 2%) yang belum memiliki keahlian yang sesuai dengan pekerjaan yang sekarang sedang diemban di Dinas Pendidikan Kota Batu 39 orang (41 9%) memiliki keahlian yang sesuai sedangkan 38 orang (40 9%) yang memiliki keahlian yang sangat sesuai (4) tingkat kesiapan kemampuan 7 orang (7 5%) belum memiliki kemampuan yang sesuai untuk melaksanakan tugasnya 18 orang (19 4%) memiliki kemampuan yang sesuai sedangkan 68 orang (73 1%) memiliki kemampuan yang sangat sesuai untuk melaksanakan tugasnya (5) tingkat kesiapan sikap adalah 8 orang (8 6%) belum memiliki sikap yang baik dalam melaksanakan tugasnya 18 orang (19 4%) memiliki sikap yang baik dalam melaksanakan tugasnya dan 41 orang (44 1%) ii memiliki sikap yang sangat baik dalam melaksankan tugasnya (6) tingkat kesiapan perilaku adalah 87 orang pegawai (93 5%) yang memiliki perilaku yang sangat baik dalam menjalankan tugasnya sedangkan 6 orang sisanya (6 5%) memiliki perilaku yang cukup baik. Peneliti mengemukakan saran sebagai berikut (1) hendaknya Kepala Dinas lebih memperhatikan kesiapan pegawai pegawai. (2) hendaknya pegawai Dinas Pendidikan Kota Batu meluruskan niat untuk menjadi PNS yang sebenarnya yaitu pelayan masyarakat (3)bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UM alangkah baiknya jika Pelayanan Publik yang baik juga diterapkan di Jurusan Administrasi Pendidikan tentunya berimbang dengan biaya perkuliahan yang semakin meningkat (4) diharapkan dengan dibuatnya skripsi ini mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan menjadi lebih kritis menanggapi fenomena sosial terutama di bidang pendidikan dan (5) untuk peneliti lain hendaknya untuk penelitian selanjutnya dapat menambah skala penilaian dan memperluas pertanyaan sehingga lebih bisa dinilai secara jelas dan mendetail

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3425

Actions (login required)

View Item View Item