Pengaruh pemanfaatan dana bantuan khusus siswa miskin (BKSM) terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa jurusan Akuntansi di SMK BM Ardjuna 2 Malang / Dimas Kamarullah Dwi Novianto Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan dana bantuan khusus siswa miskin (BKSM) terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa jurusan Akuntansi di SMK BM Ardjuna 2 Malang / Dimas Kamarullah Dwi Novianto Kusuma

Kusuma, Dimas Kamarullah Dwi Novianto (2010) Pengaruh pemanfaatan dana bantuan khusus siswa miskin (BKSM) terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa jurusan Akuntansi di SMK BM Ardjuna 2 Malang / Dimas Kamarullah Dwi Novianto Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kamaullah Dimas 2009. Pengaruh Pemanfaatan Dana Bantuan Khusus Siswa Miskin (BKSM) terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Jurusan Akuntansi di SMK BM Ardjuna 2 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi SI Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M.Ed. (II) Dra. Suparti M.P Kata Kunci Pemanfaatan dana BKSM Motivasi belajar siswa Prestasi belajar siswa. Dana Bantuan Khusus Siswa Miskin (BKSM) adalah salah satu manifestasi dari program kompensasi pengurangan subsidi (PKPS) yang ditujukan untuk membantu siswa untuk memenuhi kebutuhan biaya sekolah selama duduk di Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Luar Biasa Negeri dan Swasta. Pada akhir 2006 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu jenis pendidikan yang mendapat perhatian khusus atas program BKSM. Tujuan pemberian dana BKSM pada jenis sekolah SMK adalah (1) mengurangi siswa SMK yang drop out akibat permasalahan biaya pendidikan (2) membuka peluang bagi lulusan SMP yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke SMK. Pemanfaatan dana BKM secara efektif akan meringankan biaya pendidikan para siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu atau tidak mampu sehingga mereka bisa lebih termotivasi dalam belajarnya dan pada akhinya adalah tercapainya prestasi belajar yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh pemanfaatan dana BKSM terhadap motivasi belajar siswa (2) pengaruh pemanfaatan dana BKSM terhadap prestasi belajar siswa (3) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa (4) pengaruh pemanfaatan dana BKSM terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian (explanatory research). Analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Variabel dalam penelitian ini meliputi pemanfaatan dana BKSM (X1) motivasi belajar siswa (Y1) dan prestasi belajar siswa (Y2). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X XI dan XII SMK BM Ardjuna 2 Malang jurusan akuntansi yang telah menerima dana BKSM pada tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 46 siswa. Seluruh anggota dalam Sampel tersebut dijadikan sebagai subjek penelitian sehingga penelitian ini dianggap sebagai penelitian sampel. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan dana BKSM berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0 725. Pemanfaatan dana BKSM berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0 475. Motivasi belajar siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0 377. Pemanfaatan dana BKSM berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar siswa sebesar 0 244 dan pengaruh totalnya sebesar 0 719 Berdasarkan kesimpulan yang diambil dalam penelitian ini maka saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah sebagai berikut (1) Pihak sekolah diharapkan mampu mempertahankan keefektifan pemanfaatan dana Bantuan Khusus Siswa Miskin (BKSM) yaitu dengan cara memberikan pengarahan kepada siswa penerima dana Bantuan Khusus Siswa Miskin (BKSM) dan yang tidak kalah penting adalah ikut mengawasi pemanfaatan dari dana BKSM itu sendiri agar dana tersebut benar-benar dimanfaatkan sesuai dengan rambu-rambu yang telah ditetapkan. Pemanfaatan dana BKSM secara efektif terbukti telah dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga hal ini juga dapat memotivasi pihak sekolah untuk bisa menambah jumlah siswa penerima dana BKSM tiap periode. (2) Bagi siswa SMK BM Ardjuna 2 Malang yang mendapatkan dana BKSM diarahkan untuk lebih meningkatkan motivasi belajar sehingga dapat menjaga dan memelihara kelangsungan mengikuti pendidikan di SMK yang pada akhirnya akan bisa menjalankan tugas-tugas pembelajaran untuk memperoleh prestasi yang lebih baik selain itu diharapkan agar siswa penerima dana ini memanfaatkan dana BKSM sebaik-baiknya hanya untuk memenuhi kebutuhan pendidikan. (3)Bagi peneliti lain yang hendak mengadakan penelitian sejenis disarankan menggunakan wilayah populasi dan sampel yang lebih luas misalnya dengan mengadakan penelitian di beberapa sekolah agar ruang lingkup hasil penelitian lebih menyeluruh. Dari peneltian terdahulu dan hasil penelitian di SMK BM Ardjuna 2 Malang masih ada beberapa hal yang masih perlu digali bagi peneliti berikutnya seperti halnya adanya hasil penelitian yang menunjukkan adanya kontribusi dari variabel lain di luar variabel penelitian dan dalam penelitian ini tidak dijelaskan maka masalah tersebut bisa dijadikan salah satu bahan kajian yang menarik untuk diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34249

Actions (login required)

View Item View Item