Pengaruh modernitas individu dan latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Eryanti Setyoning Khaque - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh modernitas individu dan latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Eryanti Setyoning Khaque

Khaque, Eryanti Setyoning (2010) Pengaruh modernitas individu dan latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Eryanti Setyoning Khaque. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyoning K. Eryanti. 2009. Pengaruh Modernitas Individu dan Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Hj. Sutatmi S.E M.Pd M.Si Ak (II) Helianti Utami S.E M.Si Ak Kata Kunci Modernitas Individu Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Prestasi Belajar Modernitas individu adalah rangkaian sikap nilai dan perilaku yang menjadi ciri-ciri kepribadian yang ditunjukkan oleh seorang siswa yang modern. Latar belakang sosial ekonomi orang tua adalah persepsi atau pandangan siswa terhadap keadaan sosial orang tua yang dapat dilihat dari tingkat pendidikan serta jenis pekerjaan orang tua dan keadaan ekonomi orang tua yang dapat dilihat dari tingkat pendapatan dan jumlah tanggungan orang tua dan partisipasi orang tua terhadap belajar anak. Dengan peningkatan pengetahuan siswa terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mampu membantu siswa untuk lebih berprestasi. Selain itu dengan tersedianya sarana dan prasarana yang memadai baik di rumah maupun di sekolah dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modernitas individu siswa dan latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa baik secara parsial maupun simultan Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif (deskriptif korelasional). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa jurusan akuntansi Kelas XI 1 dan 2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari yang diwakili oleh sampel 58 siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah regresi berganda dengan uji menggunakan uji t dan uji F. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) terdapat pengaruh modernitas individu siswa terhadap prestasi belajar siswa secara parsial hal ini terbukti dengan didapatnya T hitung 7 218 sedangkan signifikan t 0 000 dengan tingkat probabilitas 95%. (2) terdapat pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa secara parsial hal ini terbukti dengan didapatnya T hitung 4 031 sedangkan signifikan t 0 000 dengan tingkat probabilitas 95%. (3) terdapat pengaruh modernitas individu siswa dan latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa secara simultan hal ini dibuktikan dengan didapatnya R Square sebesar 54 6%. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diajukan kepada pihak sekolah dan orang tua siswa sebagai upaya peningkatan prestasi belajar siswa adalah (1) mengadakan penambahan dan pemanfaaatan yang lebih baik (sarana dan prasarana) yang mendukung kegiatan belajar mengajar.(2) siswa diharapkan untuk lebih memanfaatkan waktu luang dan lebih aktif untuk mencari informasi terbaru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34244

Actions (login required)

View Item View Item