Pengaruh persepsi mahasiswa tentang sertifikasi guru terhadap minat dan motivasi mahasiswa untuk menjadi guru (studi kasus mahasiswa D-3 yang alih jenjang ke S-1 Pendidikan Akuntansi semester ganjil 2007/2008 - semester genap 2008/2009) / Anikmatul Koiriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi mahasiswa tentang sertifikasi guru terhadap minat dan motivasi mahasiswa untuk menjadi guru (studi kasus mahasiswa D-3 yang alih jenjang ke S-1 Pendidikan Akuntansi semester ganjil 2007/2008 - semester genap 2008/2009) / Anikmatul Koiriyah

Koiriyah, Anikmatul (2009) Pengaruh persepsi mahasiswa tentang sertifikasi guru terhadap minat dan motivasi mahasiswa untuk menjadi guru (studi kasus mahasiswa D-3 yang alih jenjang ke S-1 Pendidikan Akuntansi semester ganjil 2007/2008 - semester genap 2008/2009) / Anikmatul Koiriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khoiriyah Anikmatul. 2009. Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Sertifikasi Guru Terhadap Minat dan motivasi Mahasiswa Untuk Menjadi Guru (Studi Kasus Mahasiswa D-3 Yang Alih Jenjang Ke S-1 Pendidikan Akuntansi Semester Ganjil 2007/2008- Semester Genap 2008/2009). Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Yuli Widi Astuti S.E M.Si Ak (2) Dr. Drs Bambang Sugeng S.E. Ak MA M.M Kata Kunci Persepsi Mahasiswa Sertifikasi Guru Minat Motivasi Pendidikan merupakan proses pembentukan sumber daya manusia berkualitas dan yang berperan penting untuk mewujudkannya adalah guru. Sementara persepsi bahwa profesi guru merupakan suatu profesi yang dianggap maasih kurang layak dari segi finansial sehingga profesi ini kurang diminati. Bersamaan dengan dikeluarkannya kebijakan pemerintah yang tertuang dalam Undang-Undang No. 14 tentang Guru dan Dosen yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru juga menjanjikan jaminan perbaikan kesejahteraan guru jaminan sosial serta hak dan kewajiban guru. Jika ini benar-benar terwujud maka diharapkan mampu meningkatkan minat dan motivasi calon guru dalam hal ini adalah mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa tentang sertifikasi guru terhadap minat dan motivasi mahasiswa untuk menjadi guru. Penelitian ini adalah penelitian ekplanasi yang berusaha menguji hubungan antar variabel yang dihipotesiskan dan mencari pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi mahasiswa tentang sertifikasi guru dan terdpat dua variabel terikat yaitu minat mahasiswa menjadi guru dan motivasi mahasiswa menjadi guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa input dari program Diploma 3 ke S-1 Pendidikan Akuntansi semester ganjil 2007/2008 sampai semestergenap 2008/2009 sebanyak 35 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada responden dan dianalisis menggunakan Simple Linier Regression Analysis dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Penelitian ini menggunakan dua kali uji regresi untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara terpisah. Hasil penelitian regresi pertama menunjukkakn bahwa taraf signifikansi 0 011 yang menyertai t hitung sebesar 2 680 pada 945 sebesar 5 % karena signifikansi yang menyertai t hitung lebih kecil dari 0 05 maka hipotesisnya diterima artinya persepsi mahasiswa tentang sertifikasi guru dapat digunakan untuk memprediksi minat mahasiswa menjadi guru. Hasil regresi kedua diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 287 yang menyertai t hitung sebesar 1 081 pada 945 sebesar 5 % karena signifikansi yang menyertai t hitung lebih besar dari 0 05 maka hipotesisnya ditolak artinya persepsi mahasiswa tentang sertifikasi guru tidak dapat digunakan untuk memprediksi motivasi mahasiswa menjadi guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan beberapa saran diantaranya adalah 1) Mengacu pada keterbatasan variabel pada penelitian ini maka peneliti menyarankan kepada para pembaca yang berminat meneliti atau mengembangkan penelitian sejenis maka sebaiknya menambahkan variabel-variabel yang lebih menarik atau bervariasi dengan demikian diharapkan hasil yang diperoleh dapat mengungkap lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil temuan penelitian yang lebih berarti dan bermanfaat bagi banyak pihak. Variabel tersebut diantaranya adalah prestasi belajar lingkungan sosial seseorang IQ dan EQ pendidikan orang tua latar belakang ekonomi orang tua latar belakang pendidikan mahasiswa dan lain sebagainya 2) Mengacu pada keterbatasan populasi pada penelitian ini maka peneliti menyarankan kepada para pembaca yang berminat meneliti atau mengembangkan penelitian sejenis maka sebaiknya menambahkan jumlah responden 3) Penelitian ini berusaha untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas (independent variabel) yaitu persesi mahasiswa tentang sertifikasi guru terhadap variabel terikat (dependent variabel) yaitu minat dan motivasi mahasiswa untuk menjadi guru. Mengingat ada 2 variabel terikat (dependent variable) sehingga selain dapat menjelaskan pengaruh masing-masing variabel secara parsial saja peneliti juga dapat menjelaskan hubungan variabel secara simultan. Sehingga peneliti selanjutnya bisa mengembangkan dan mengkombinasikan teknik analisis yang lain untuk mengetahui hubungan parsial antar variabel bebas dan terikat serta hubungan simultannya. Misalnya pada penelitian selanjutnya variabel minat dijadikan variabel perantara (intervening) sehingga peneliti bisa menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis). Hal tersebut dilakukan agar dapat diperoleh hasil penelitian yang lebih bervariasi yang diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih besar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34242

Actions (login required)

View Item View Item