Faktor-faktor yang mempengaruhi masa studi mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang tahun kelulusan periode 2008-2010 / Desy Febrina Aziza - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang mempengaruhi masa studi mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang tahun kelulusan periode 2008-2010 / Desy Febrina Aziza

Aziza, Desy Febrina (2011) Faktor-faktor yang mempengaruhi masa studi mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang tahun kelulusan periode 2008-2010 / Desy Febrina Aziza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci masa studi mahasiswa faktor-faktor. Pendidikan merupakan salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia oleh karena itu keberhasilan dunia pendidikan sebagai faktor penentu tercapainya tujuan pembangunan nasional di bidang pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal tersebut diperlukan sebagai bekal dalam rangka menyongsong era global dan pasar bebas yang penuh dengan persaingan. Untuk mencapai keberhasilan dalam dunia pendidikan diperlukan keterpaduan antara kegiatan tenaga pendidik (guru ataupun dosen) dengan peserta didik. Tenaga pendidik diharapkan mampu mengatur mengarahkan dan menciptakan suasana yang mampu mendorong motivasi peserta didik untuk belajar. Tenaga pendidik merupakan kunci dalam peningkatan mutu pendidikan mereka berada di pusat dari setiap usaha reformasi pendidikan. Masa studi adalah rentang waktu yang disediakan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan program pendidikan. Lama studi ditentukan oleh masing-masing universitas tempat mereka menuntut ilmu. Lama studi di Universitas Negeri Malang (UM) minimal 8 semester dan maksimal 14 semester untuk mahasiswa S1. Beban studi program sarjana sekurang-kurangnya 144 (seratus empat puluh empat) SKS dan maksimal 160 SKS yang dijadwalkan untuk 8 semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 8 (delapan) semester dan selama-lamanya 14 (empat belas) semester. Salah satu tujuan dari proses belajar mengajar adalah adanya perubahan tingkah laku baik aspek pengetahuan (kognitif) aspek sikap (afektif) maupun aspek psikomotorik. Salah satu perubahan aspek kognitif mahasiswa dapat dilihat dari indeks prestasi yang diperoleh. Indeks prestasi dijadikan sebagai tolak ukur penguasaan akademik mahasiswa. Semakin baik penguasaan akademik mahasiswa maka prestasi yang diperoleh pun akan baik pula. Pencapaian prestasi akademik mahasiswa dipengaruhi oleh faktor baik faktor dari dalam diri mahasiswa (internal factor) maupun faktor dari luar diri mahasiswa (eksternal factor). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) faktor-faktor apa yang mempengaruhi masa studi mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM tahun kelulusan periode 2008-2010 (2) faktor-faktor apa yang paling dominan mempengaruhi masa studi mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM tahun kelulusan periode 2008-2010. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yaitu mendeskripsikan faktorfaktor yang mempengaruhi masa studi mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM tahun kelulusan periode 2008-2010. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/ angket. Sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa alumni Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM tahun kelulusan periode 2008-2010 sebanyak 118 mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis data pada kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis faktor eksploratori. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi masa studi mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM tahun kelulusan periode 2008-2010 antara lain (a) faktor gaya belajar dan faktor lingkungan dengan persentase 16 833% (b) faktor minat dengan persentase 14 995% (c) faktor model pembelajaran dan intelegensi dengan persentase 14 056% serta (d) faktor teori belajar dengan persentase 8 416%. Faktor yang dominan mempengaruhi masa studi mahasiswa yaitu faktor gaya belajar dan faktor lingkungan. Saran yang dapat disumbangkan dari hasil penelitian ini adalah (1) bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya hasil penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi dan juga dapat memberi sumbangan dan manfaat bagi Jurusan Administrasi Pendidikan terutama dalam bidang manajemen peserta didik dan dapat digunakan untuk mengetahui faktor penyebab masa studi mahasiswa (2) bagi Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya hasil penelitian ini dapat memberikan masukan kepada Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan bahwa banyak faktor yang mempengaruhi masa penyelesaian studi mahasiswa sehingga pada nantinya diharapkan dosen lebih memacu semangat belajar mahasiswa (3) bagi Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu referensi pengetahuan bagi Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi masa studi mahasiswa dan dapat memotivasi diri untuk menyelesaikan kuliahnya sesuai dengan masa studi yang telah ditentukan oleh universitas serta (4) bagi Peneliti Lain hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk menambah pengetahuan dan digunakan sebagai referensi awal dalam penelitian yang sejenis hendaknya lebih mengembangkan dan menggali lebih dalam lagi faktor-faktor yang mempengaruhi masa studi mahasiswa dalam penelitian yang lebih sempurna dan ditinjau kembali dari pengelompokan masa studi persemester karena keterbatasan penelitian ini hanya dianalisis secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3424

Actions (login required)

View Item View Item