Pengaruh persepsi siswa tentang manajemen kelas dan kemampuan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IS di SMA Negeri 2 Pasuruan / Narulita Sugiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang manajemen kelas dan kemampuan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IS di SMA Negeri 2 Pasuruan / Narulita Sugiono

Sugiono, Narulita (2010) Pengaruh persepsi siswa tentang manajemen kelas dan kemampuan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IS di SMA Negeri 2 Pasuruan / Narulita Sugiono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sugiono Narulita. 2009. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Manajemen Kelas dan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IS Di SMA Negeri 2 Pasuruan. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) DR. Sunaryanto M.Ed. (II) Dra. Endang Sri A. S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci persepsi manajemen kelas kemampuan mengajar prestasi belajar. Pendidikan merupakan usaha untuk mempersiapkan generasi muda sebagai penerus cita-cita bangsa untuk itu prestasi belajar siswa perlu untuk ditingkatkan. Peranan guru sebagai manajer dalam kegiatan belajar di kelas sudah lama diakui sebagai salah satu faktor yang penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Guru dituntut untuk mampu mengelola kelas dan mengelola pelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Sementara itu persepsi siswa tentang kedua hal tersebut juga dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yang akan berdampak terhadap prestasi belajarnya. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Pasuruan untuk menjelaskan (I) pengaruh persepsi siswa tentang manajemen kelas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 2 Pasuruan (II) pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 2 Pasuruan dan (III) pengaruh persepsi siswa tentang manajemen kelas dan kemampuan mengajar guru secara simultan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 2 Pasuruan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS SMA Negeri 2 Pasuruan tahun ajaran 2008/2009 sebanyak 112 siswa dan sampel yang digunakan berjumlah 88 siswa. Sedangkan teknik pengambilan data menggunakan teknik simple random sampling (sampel acak sederhana). Instrumen yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kuisioner atau angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda (multiple regression). Hasil analisis dapat diketahui bahwa persepsi siswa tentang manajemen kelas dan kemampuan mengajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa baik secara parsial maupun secara simultan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial variabel persepsi siswa tentang manajemen kelas guru (X1) dan persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru (X2) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 2 Pasuruan. Dari hasil tersebut juga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan variabel persepsi siswa tentang manajemen kelas (X1) dan persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru (X2) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 2 Pasuruan. Pengaruh persepsi siswa tentang manajemen kelas dan kemampuan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 2 Pasuruan yaitu sebesar 58 3% sedangkan sisanya sebesar 41 7% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Saran yang dapat diberikan (I) Bagi guru diharapkan lebih meningkatkan lagi kemampuan dalam mengelola kelas dan pelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan prestasi belajar siswa akan lebih meningkat lagi. (II) Bagi siswa diharapkan dapat mengelola dan memahami dengan baik persepsi yang dimiliki terhadap manajemen kelas dan kemampuan mengajar guru sehingga dapat memberikan pengaruh yang baik pula terhadap prestasi belajar yang diperoleh. (III) Bagi peneliti selanjutnya yang berminat untuk melanjutkan penelitian ini diharapkan untuk menyempurnakannya yaitu dengan menggunakan variabel lain yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sehingga penelitian ini dapat lebih berkembang dan memperluas wawasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34239

Actions (login required)

View Item View Item