Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata diklat akuntansi di SMK PGRI 6 Malang / Petrus Tri Prasetia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata diklat akuntansi di SMK PGRI 6 Malang / Petrus Tri Prasetia

Prasetia, Petrus Tri (2009) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata diklat akuntansi di SMK PGRI 6 Malang / Petrus Tri Prasetia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tri Prasetia Petrus. 2009. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Guru Mengajar Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di SMK PGRI 6 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Sutatmi S.E. M.Pd. M.Si. Ak (2) Helianti Utami S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Persepsi Keterampilan Guru Mengajar Motivasi Belajar Prestasi Belajar Keterampilan guru mengajar merupakan puncak keahlian guru yang profesional sebab merupakan penerapan semua kemampuan yang telah dimilikinya dalam hal bahan pengajaran komunikasi dengan siswa dan metodemetode yang digunakan dalam mengajar. Dengan diterapkannya keterampilan mengajar yang cukup baik maka persepsi siswa juga akan sangat baik sehingga mereka akan termotivasi untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar yang akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh secara langsung persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar terhadap motivasi belajar siswa (2) pengaruh secara langsung persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa (3) pengaruh secara langsung persepsi siswa tentang motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa (4) pengaruh secara tidak langsung persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang dilakukan pada 34 siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI 6 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi asosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 946 (2) persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar berpangaruh pisitif terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 794 (3) persepsi siswa tentang motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 826 (4) persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa sebesar 0 781. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang dapat diberikan adalah (1) guru sebaiknya mempertahankan keterampilan mengajarnya karena siswa telah memiliki persepsi yang positif sehingga mereka termotivasi untuk belajar dan tujuan pembelajaran akan tercapai secara optimal (2) siswa disarankan memiliki persepsi yang positif terhadap keterampilan mengajar guru sehingga motivasi dan prestasi belajarnya akan tercapai secara maksimal (3) Bagi peneliti lain yang penelitiannya sejenis disarankan variabel yang diteliti lebih diperluas sehingga dapat mengungkapkan lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil dari temuan penelitian yang lebih berarti dan bermanfaat bagi banyak pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34238

Actions (login required)

View Item View Item