Pengaruh gaya belajar dan bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa program keahlian akuntansi di SMKN 1 Malang semester gasal tahun ajaran 2008/2009 / Ida Sanjaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya belajar dan bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa program keahlian akuntansi di SMKN 1 Malang semester gasal tahun ajaran 2008/2009 / Ida Sanjaya

Sanjaya, Ida (2010) Pengaruh gaya belajar dan bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa program keahlian akuntansi di SMKN 1 Malang semester gasal tahun ajaran 2008/2009 / Ida Sanjaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sanjaya Ida. 2009. Pengaruh Gaya Belajar dan Bimbingan Belajar Oleh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Malang Semester Gasal Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Yuli Widi Astuti SE M.Si Ak Pembimbing (2) Makaryanawati SE M.Si Ak. Kata Kunci Gaya Belajar Bimbingan Belajar Oleh Orang Tua Prestasi Belajar Prestasi belajar sampai saat ini menjadi indikator untuk menilai tingkat keberhasilan siswa dalam proses belajar. Prestasi belajar yang baik dapat mencerminkan gaya belajar yang baik karena dengan mengetahui dan memahami gaya belajar yang terbaik bagi dirinya akan membantu siswa dalam belajar sehingga prestasi yang dihasilkan akan maksimal. Di samping gaya belajar bimbingan belajar oleh orang tua juga mempunyai peranan terhadap prestasi belajar siswa. Bimbingan belajar oleh orang tua maksudnya adalah bantuan yang diberikan oleh orang tua kepada anak berdasarkan atas situasi dan kondisi yang dialami oleh anak terhadap kesulitan-kesulitan yang sedang dihadapi oleh anak sehingga anak mampu mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa program keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Malang baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis varian (ANOVA). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMK Negeri 1 Malang dengan jumlah total 349 siswa sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 67 siswa. Data diperoleh dengan menyebarkan angket dan dokumentasi berupa nilai raport responden. Hasil penelitian ini menunjujkkan bahwa 1) Ada pengaruh antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Malang dan 2) Tidak ada pengaruh antara bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Malang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar (a) guru sebagai pendidik seharusnya mengetahui gaya belajar masing-masing siswa sehingga dengan mengetahui gaya belajar siswanya dapat dengan mudah menyampaikan informasi dan siswa mudah menyerapnya (b) siswa khususnya siswa program keahlian Akuntansi di SMKN 1 Malang agar lebih mengetahui dan memahami gaya belajar yang terbaik bagi dirinya sehingga prestasi yang dihasilkan dapat maksimal (c) siswa yang prestasi belajarnya kurang diharapkan selalu berusaha meningkatkan prestasi belajarnya dengan membiasakan belajar lebih teratur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34237

Actions (login required)

View Item View Item