Perbedaan kebiasaan belajar, motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa reguler dan non reguler Jurusan Pendidikan Akuntansi angkatan 2007 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Dina Luthfiyati Afifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan kebiasaan belajar, motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa reguler dan non reguler Jurusan Pendidikan Akuntansi angkatan 2007 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Dina Luthfiyati Afifah

Afifah, Dina Luthfiyati (2010) Perbedaan kebiasaan belajar, motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa reguler dan non reguler Jurusan Pendidikan Akuntansi angkatan 2007 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Dina Luthfiyati Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Afifah Dina Luthfiyati. 2009. Perbedaan Kebiasaan Belajar Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Regular Dan Non Regular Jurusan Pendidikan Akuntansi Angkatan 2007 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi Program Studi SI Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing I DR Sunaryanto M.Ed pembimbing II Sawitri Dwi Prastiti SE MSi Ak. Kata Kunci Perbedaan Kebiasaan Belajar Motivasi Belajar Prestasi Belajar Mahasiswa Reguler Dan Non Reguler Perguruan tinggi merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang mengemban peran penting untuk menciptakan lulusan yang kompeten. Semakin bertambahnya jumlah lulusan tidak seiring dengan bertambahnya lapangan pekerjaan. Sehingga antar perguruan tinggi timbul persaingan untuk memperoleh input yang sebaik baiknya melalui proses seleksi dengan tujuan salah satunya menciptakan output yang siap bersaing dalam dunia kerja. Di Universitas Negeri Malang terdapat tiga jalur seleksi mahasiswa baru yaitu jalur PMDK (Pengembangan Minat Dan Kemampuan) jalur SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) dan jalur seleksi sendiri (Pedoman Pendidikan Universitas Negeri Malang 2004 117). Jalur SPMB dan jalur PMDK merupakan program regular dan seleksi sendiri merupakan program non reguler. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kebiasaan belajar motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa reguler dan non reguler SI Pendidikan Akuntansi angkatan 2007 FE UM. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi SI Pendidikan Akuntansi angkatan 2007 FE UM sedangkan sampel yang diambil sebanyak 60 mahasiswa reguler dan non reguler program studi SI Pendidikan Akuntansi angkatan 2007 FE UM. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan koesioner dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini dengan persentase dan uji t dengan taraf signifikansi 0.05 (5%) untuk mengetahui perbedaan variabel dibantu dengan program computer SPSS 13 for windows. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tidak ada perbedaan kebiasaan belajar yang signifikan tetapi adanya perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar yang signifikan antara mahasiswa reguler dan non reguler SI pendidikan Akuntansi angkatan 2007 FE UM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan bagi dosen diharapkan dapat memberi pengarahan tentang metode belajar yang baik dan menumbuhkan semangat serta motivasi dalam diri mahasiswa untuk belajar dengan lebih giat sebagai upaya meningkatkan prestasi akademik mahasiswa. Bagi penelitian selanjutnya disarankan dapat memperluas variabel yang diteliti sehingga faktor faktor lain yang dapat menunjang prestasi mahasiswa dapat dikaji dan dapat dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34235

Actions (login required)

View Item View Item