Pengaruh persepsi siswa tentang kualitas modul terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK Islam Batu / Moh. Yusuf - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang kualitas modul terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK Islam Batu / Moh. Yusuf

Yusuf, Moh. (2010) Pengaruh persepsi siswa tentang kualitas modul terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK Islam Batu / Moh. Yusuf. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yusuf Moh. 2009. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kualitas Modul terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK ISLAM Batu. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Endang Sri Andayani S.E M.Si Ak (II) Sawitri Dwi Prastiti S.E M.Si Ak. Kata Kunci Persepsi Modul Motivasi Belajar Prestasi Belajar. Modul ialah kesatuan yang bulat dan lengkap yang terdiri dari serangkaian kegiatan belajar mengajar yang secara empiris telah terbukti memberi hasil belajar yang efektif untuk mencapai tujuan yang dirumuskan secara jelas dan spesifik. Dengan adanya penggunaan modul di sekolah akan menimbulkan persepsi siswa untuk lebih termotivasi dalam mengikuti pelajaran di sekolah. Dengan meningkatnya motivasi belajar siswa akan berpengaruh terhadap hasil belajar atau prestasi belajar siswa secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi siswa tentang kualitas modul terhadap motivasi belajar siswa (2) pengaruh persepsi siswa tentang kualitas modul terhadap prestasi belajar siswa (3) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa (4) pengaruh tidak langsung persepsi siswa tentang kualitas modul terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang dilakukan pada 40 siswa kelas X Akuntansi SMK ISLAM Batu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa tentang kualitas modul dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa dengan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 578 (2) persepsi siswa tentang kualitas modul berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 371 (3) motivasi belajar siswa dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa dengan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 617 (4) persepsi siswa tentang kualitas modul berpengaruh pada prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar siswa sebesar 0 357. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang dapat diberikan adalah (1) sebaiknya modul yang digunakan dalam proses belajar mengajar berkualitas baik baik tampilan ataupun isi dari modul agar siswa memiliki persepsi yang positif sehingga siswa dapat lebih termotivasi untuk belajar dan tidak cepat merasa jenuh dengan mata pelajaran yang dihadapinya sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai (2) siswa diharapkan selalu meningkatkan motivasi belajarnya karena motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang penting untuk meningkatkan prestasi belajar dan siswa hendaknya memiliki persepsi yang positif terhadap kualitas modul agar dapat selalu merasa nyaman ketika belajar dengan menggunakan modul dan (3) bagi peneliti lain yang akan mengadakan penelitian sejenis disarankan variabel yang ingin diteliti lebih diperluas sehingga dapat mengungkapkan lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil dari temuan penelitian yang lebih berarti dan bermanfaat bagi banyak pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34234

Actions (login required)

View Item View Item