Pengaruh manajemen kelas dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di MA Al-Musthofa Canggu Mojokerto / Nurul Azizah Fitriati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh manajemen kelas dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di MA Al-Musthofa Canggu Mojokerto / Nurul Azizah Fitriati

Fitriati, Nurul Azizah (2009) Pengaruh manajemen kelas dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di MA Al-Musthofa Canggu Mojokerto / Nurul Azizah Fitriati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fajriyah Azizah Nurul. 2007. Pengaruh Karakteristik Individu Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa SMK PGRI 6 Malang Tahun Ajaran 2006-2007. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Soeryati (2) Helianti Utami S.E M.Si AK. Kata Kunci Karakteristik Individu Prestasi belajar Karakteristik individu merupakan sifat kejiwaan yang membedakan seseorang dengan yang lain yang dapat dilihat dari ciri-ciri biografis kepribadian persepsi dan sikap. Karakteristik individu merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan prestasi belajar siswa dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Sekolah merupakan lembaga formal yang bertugas mendidik dan mengembangkan sikap perbuatan dan tingkah laku bagi setiap peserta didiknya agar mencapai perkembangan yang optimal. Setiap individu memiliki karakteristik yang berbeda-beda di tengah masyarakat begitu pula seorang siswa akan bersikap dan bertingkah laku di sekolah sesuai dengan karakteristik yang dimiliki. Pengaruh karakteristik individu terhadap prestasi belajar siswa dapat dilihat dari sejauh mana sikap tingkah laku dan kepribadian yang dimiliki siswa selama ini mampu membedakan antara siswa yang satu dengan yang lain. Seberapa besar peranan siswa tersebut untuk memberikan kontribusi didalam dunia pendidikan apakah dia termasuk siswa yang berhasil dalam mengikuti proses belajar mengajar ataukah dia hanya menganggap bahwa proses belajar mengajar itu hanya sebuah rutinitas yang harus dikerjakan tanpa mengetahui pentingnya aktivitas pendidikan baginya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah karakteristik individu prestasi belajar serta pengaruh karakteristik individu terhadap prestasi belajar siswa di SMK PGRI 6 Malang. Berdasarkan pada rumusan masalah tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis karakteistik individu prestasi belajar serta pengaruh karakteristik individu terhadap prestasi belajar siswa di SMK PGRI 6 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu eksplanasi variabel bebas dalam penelitian ini adalah karakteristik individu dengan sub variabel ciri-ciri biografis kepribadian persepsi dan sikap. Sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa mata pelajran akuntansi populasi penelitian ini yaitu semua siswa jurusan akuntansi di SMK PGRI 6 Malang yang berjumlah 212 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampel yaitu berdasarkan tujuan tertentu. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 45 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI 6 Malang pada bulan juni 2007. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik analisis regresi linier berganda. Teknik analisis Regresi digunakan untuk menganalisis pengaruh ciri-ciri biografis (X1) kepribadian (X2) persepsi (X3) dan sikap (X4) terhadap prestasi belajar siswa (Y) dalam mata pelajaran akuntansi di SMK PGRI 6 Malang baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bebas ciri-ciri biografis (X1) kepribadian (X2) persepsi (X3) dan sikap (X4) baik secara serentak (simultan atau bersama-sama) maupun sendiri-sendiri (parsial) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa jurusan akuntansi SMK PGRI 6 Malang Tahun Ajaran 2006-2007. Kontribusi variabel bebas ciri-ciri biografis (X1) Kepribadian (X2) Persepsi (X3) dan sikap (X4) sebesar 65% dan 35% merupakan variabel lain diluar variabel yang diteliti dan tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar peneliti selanjutnya mengadakan penelitian yang lebih mendalam yaitu dengan memperbanyak indikator untuk variabel kepribadian dan sikap sehingga mendapatkan hasil penelitian yang lebih akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34231

Actions (login required)

View Item View Item