Pengaruh persepsi guru tentang implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 terhadap kinerja profesionalisme guru serta dampaknya terhadap prestasi belajar siswa di SMK N 1 Lumajang (studi pada guru SMK N 1 Lumajang) / Zulaikhah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi guru tentang implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 terhadap kinerja profesionalisme guru serta dampaknya terhadap prestasi belajar siswa di SMK N 1 Lumajang (studi pada guru SMK N 1 Lumajang) / Zulaikhah

Zulaikhah (2010) Pengaruh persepsi guru tentang implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 terhadap kinerja profesionalisme guru serta dampaknya terhadap prestasi belajar siswa di SMK N 1 Lumajang (studi pada guru SMK N 1 Lumajang) / Zulaikhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zulaikhah. 2009. Pengaruh Persepsi Guru Tentang Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 2000 Terhadap Kinerja Profesionalisme Guru Serta Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK N 1 Lumajang. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Makaryanawati S.E. M.Si. Ak. (II) Dr. Puji Handayati S.E. M.M. Ak Kata Kunci Persepsi Guru Kinerja Profesionalisme Guru Prestasi Belajar Siswa Masalah mutu pendidikan 85% terletak pada manajemen (pengelolaan). Sistem manajemen mutu ISO 9001 2000 merupakan upaya yang digunakan oleh sekolah SMK N 1 Lumajang untuk memperbaiki mutu sekolah. Peningkatan mutu sekolah diantaranya berupa perbaikan kinerja profesionalisme guru dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh langsung antara persepsi guru tentang implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001 2000 terhadap kinerja profesionalisme guru SMK N 1 Lumajang (2) pengaruh langsung antara kinerja profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa SMK N 1 Lumajang (3) pengaruh langsung antara persepsi guru tentang implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001 2000 terhadap prestasi belajar siswa SMK N 1 Lumajang dan (4) pengaruh tidak langsung antara persepsi guru tentang implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001 2000 terhadap prestasi belajar siswa melalui kinerja profesionalisme guru SMK N 1 Lumajang. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner yang kemudian hasilnya dianalisis melalui analisis jalur (path analysis). Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMK N 1 Lumajang sebesar 63 guru sedangkan penggunaan sampel digunakan untuk variabel prestasi belajar siswa dengan menggunakan random sampling Berdasarkan hasil analisis data menyatakan bahwa pengaruh langsung antara persepsi guru tentang implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001 2000 terhadap kinerja profesionalisme guru dapat diterima hal ini terbukti dari thitung 5.660 ttabel 1.67 dengan R Square sebesar 0.334. Pengaruh langsung antara kinerja profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa dapat diterima karena terbukti thitung 5.022 ttabel 1.67 dengan R square sebesar 0.292. Pengaruh langsung antara persepsi guru tentang implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001 2000 terhadap prestasi belajar siswa dapat diterima karena terbukti thitung 5.430 ttabel 1.67 dengan R square sebesar 0.326. Sedangkan pengaruh tidak langsung antara persepsi guru tentang implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001 2000 terhadap prestasi belajar siswa melalui kinerja profesionalisme guru dapat diterima hal ini terbukti dari hasil koefisien beta terstandarisasi sebesar 0.317 meskipun hasilnya lebih kecil dibandingkan pengaruh langsung antara persepsi guru tentang implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001 2000 terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0.571.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34230

Actions (login required)

View Item View Item