Pembinaan disiplin kelas di SD Negeri Kalitengah I Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo / Ana Eka Rizki - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembinaan disiplin kelas di SD Negeri Kalitengah I Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo / Ana Eka Rizki

Rizki, Ana Eka (2011) Pembinaan disiplin kelas di SD Negeri Kalitengah I Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo / Ana Eka Rizki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci manajemen kelas pembinaan disiplin kelas peran guru kelas. Peningkatan mutu pendidikan berkaitan langsung dengan hasil belajar siswa. Meningkatnya mutu pendidikan salah satunya ditandai oleh meningkatnya mutu hasil belajar siswa. Aspek yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan mutu hasil belajar siswa adalah mutu proses belajar mengajar yang secara optimal berlangsung di dalam kelas. Dengan kata lain meningkatkan mutu hasil belajar siswa dapat dicapai melalui proses belajar mengajar yang efektif. Untuk mencapai proses belajar mengajar yang efektif ada dua pokok yang perlu diperhatikan dan dilaksanakan guru pada saat pengajaran berlangsung. Kegiatan tersebut adalah pengelolaan pengajaran dan pengelolaan kelas. Salah satu hal yang perlu diperhatikan guru dalam pengelolaan kelas adalah masalah kedisiplinan siswa pada saat proses belajar mengajar. Kepala sekolah dan guru mempunyai peranan penting dalam membina disiplin siswa. Pembinaan disiplin ini dimaksudkan untuk mengefektifkan proses pembelajaran sehingga siswa bisa belajar dengan baik dan mampu mencapai tujuan yang diharapkan. Pembinaan disiplin kelas tidak lepas dari peran guru sebagai pemimpin pendidikan di kelas sebagai salah satu faktor yang sangat menentukan. Guru harus penuh inisiatif dan kreatif dalam mengelola kelas karena guru yang mengetahui secara pasti situasi dan kondisi siswa dengan latar belakangnya. Fokus utama penelitian ini adalah pembinaan disiplin kelas di SD Negeri Kalitengah I Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. Dari fokus utama dapat diuraikan sebagai berikut (1) perencanaan pembinaan disiplin kelas di SD Negeri Kalitengah I Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo (2) keefektifan peran guru kelas dalam penerapan pembinaan disiplin kelas di SD Negeri Kalitengah I Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. (3) faktor yang menjadi penghambat dalam penerapan pembinaan disiplin kelas di SD Negeri Kalitengah I Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. (4) faktor yang menjadi pendukung dalam penerapan pembinaan disiplin kelas di SD Negeri Kalitengah I Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah desain studi kasus. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur dan wawancara bebas pengamatan berperan serta dan pengamatan biasa dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan triangulasi ketercukupan referensial dan pemeriksaan teman sejawat. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan diperoleh empat simpulan sebagai berikut (1) perencanaan pembinaan disiplin kelas yang ada di SD Negeri ii Kalitengah I Kecamatan Tanggulangin sudah berjalan dengan baik koordinasi antara kepala sekolah guru dan staf sekolah merupakan salah satu faktor pendukung dalam perencanaan pembinaan disiplin kelas (2) keefektifan peran guru tidak terlepas dari tipe kepemimpinan guru yang telah diterapkan serta keteladanan guru dalam kelas juga didukung oleh metode dan media pembelajaran yang digunakan sehingga tingkat kedisiplinan anak didik dapat terkendali (3) faktor penghambat dalam penerapan pembinaan disiplin kelas di SD Negeri Kalitengah I Kecamatan Tanggulangin dipengaruhi faktor dari dalam yaitu individunya sendiri dan faktor dari luar seperti orangtua yang tidak memperhatikan anaknya warga sekolah serta masyarakat (4) faktor pendukung dalam penerapan pembinaan disiplin kelas di SD Negeri Kalitengah I Kecamatan Tanggulangin dipengaruhi faktor lingkungan sekolah yang sangat kekeluargaan nyaman dan aman serta fasilitas belajar yang tersedia penerapan budaya disiplin ini tidak hanya dilakukan oleh seorang guru saja melainkan dari kerjasama antar guru serta orangtua yang peduli dengan pendidikan anaknya. Saran yang dapat dikemukakan adalah (1) Kepala SD Negeri Kalitengah I Kecamatan Tanggulangin diharapkan ikut mengawasi jalannya pembinaan disiplin kelas jadi penerapannya tidak hanya dibebankan kepada guru kelas saja. Kepala sekolah juga diharapkan dapat meningkatkan kekompakan dan kerjasama antara guru maupun orangtua siswa serta masyarakat yang ada dalam penerapan pembinaan disiplin kelas agar dapat memberikan hasil yang lebih baik dan optimal (2) hasil penelitian ini dapat menjadikan guru kelas lebih kaya akan wawasan ilmu manajemen kelas dalam menerapkan pembelajaran yang ada serta bisa meningkatkan kemampuan pengelolaan kelas dalam menjalankan pembinaan disiplin kelas selama kegiatan belajar mengajar berlangsung sehingga tercipta kelas yang kondusif (3) siswa siswa diharapkan mempunyai pembiasaan diri dengan bersikap disiplin dan tanggung jawab dalam semua tugas dan kegiatan sehari-hari (4) orangtua diharapkan orangtua siswa menerapkan pola asuh yang tepat untuk anak-anaknya dalam rangka membentuk karakter anak yang lebih baik lagi dan terus memberikan dukungan yang baik kepada putra-putrinya dalam menerapkan pembinaan disiplin kelas (5) peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan lebih dalam tentang pembinaan disiplin kelas di SD Negeri Kalitengah I Kecamatan Tanggulangin di masa yang akan datang dengan memperdalam dan memperluas materi kepustakaan di bidang manajemen pendidikan khususnya pada bidang Manajemen Kelas yang dapat digunakan peneliti lain yang melakukan penelitian pada bidang yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3423

Actions (login required)

View Item View Item