Penerapan pembelajaran kooperatif model TAI ( Team Assisted Indualization ) untuk meningkatkan kemampuan bekerjasama dalam kelompok pada mata pembelajaran akuntansi biaya di SMK Ardjuno 01 Malang / Eko Nurhaji Purnomo

Purnomo, Eko Nurhaji (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model TAI ( Team Assisted Indualization ) untuk meningkatkan kemampuan bekerjasama dalam kelompok pada mata pembelajaran akuntansi biaya di SMK Ardjuno 01 Malang / Eko Nurhaji Purnomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purnomo, Eko Nurhaji (2009): Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama dalam Kelompok pada Mata Pelajaran Akuntansi Biaya di SMK 01 Ardjuno Malang. Kata kunci: Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization), Kemampuan Bekerjasama dalam Kelompok. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Ardjuno 01 Malang, situasi pada saat proses belajar mengajar siswa terlihat pasif dalam kegiatan belajar mengajar. Banyak siswa yang menggantungkan kepada siswa yang pandai dalam mengerjakan tugas. Pada saat belajar dalam bentuk kelompok, diskusi didominasi siswa yang pandai, Banyak siswa yang bermain sendiri atau berbicara dengan teman dengan topik yang lain bahkan ada yang diam saja. Hal tersebut menunjukan kurang adanya kerjasama dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan kemampuan bekerjasama dalam kelompok. Berdasarkan tindakan pada siklus I dan siklus II, kemampuan kerjasama untuk aktivitas individu mengalami kenaikan yaitu sebanyak 10 siswa dengan predikat ÔÇ£baikÔÇØ pada siklus I naik mernjadi 15 siswa pada siklus II, tingkat keberhasilan aktivitas kelompok sebanyak 2 kelompok memiliki kemampuan kerjasama yang baik menjadi 4 kelompok pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut pembelajaran model TAI (Teams Assisted Individualization) dapat meningkatkan kemampuan bekerjasama dalam kelompok terutama ditahap team study dan Whole class units hal tersebut terlihat terjadi peningkatan kemampuan kerjasama dalam kelompok disiklus II baik aktivitas individu maupun aktivitas kelompok. Keterbatasan pada penelitian ini adalah belum ditemukannya landasan teorotis untuk menentukan keberhasilan tindakan, sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil pada siklus ke-II didasarkan pada penelitian terdahulu. Saran yang diajukan dalam penelitian ini antara lain. (1) Bagi guru yang memiliki masalah dalam proses belajar mengajar berupa rendahnya kerjasama siswa dalam proses belajar, maka model pembelajaran TAI (Teams Assisted Individualization) dapat sebagai alternatif khususnya mata pelajaran Akuntansi Biaya standar kompetensi penyajian laporan harga pokok, atau pada mata pelajaran yang memiliki karakteristik sejenis. (2) Sebelum pembelajaran TAI dilaksanakan, hendaknya guru benar-benar mempersiapkan dengan baik perangkat pembelajaran maupun perencanaan pembagian waktu sehingga pembelajaran TAI dapat berjalan dengan efektif.(3) Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya melakukan penelitian mengenai penerapan pembelajaran kooperatif model TAI baik di kelas ini maupun di sekolah lain dengan mencari landasan teoritis mengenai keberhasilan tindakan agar hasil penelitian lebih representatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34228

Actions (login required)

View Item View Item